Breaking News:

Berita Surabaya

Wujudkan Herd Immunity, Relawan di Rungkut Surabaya Ini Data Warga yang Belum Vaksin

Berbagai inovasi kampung yang digagas relawan kampung di Rungkut Mapan Barat, Kecamatan Gununganyar Kota Surabaya

Penulis: Firman Rachmanudin | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Relawan Bodreks
Relawan Bodreks warga Rungkut Mapan Barat mendata warga yang belum mendapat dosis vaksin baik pertama maupun ke dua. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Berbagai inovasi kampung yang digagas relawan kampung di Rungkut Mapan Barat, Kecamatan Gununganyar Kota Surabaya terus dilakukan.

Setelah berbagi kursi roda,tabung oksigen dan masker ke tempat Isoter beberapa waktu lalu, relawan yang diberi nama Relawan Bodreks ini juga memfasilitasi warga kampung untuk mendapat vaksinasi merdeka dari Polrestabes Surabaya.

Bahkan, Selasa (14/9/2021), puluhan relawan yang juga warga kampung ini gotong royong mendata warga yang belum mendapatkan vaksin.

Pendataan dilakukan secara door to door dengan mendatangani setiap rumah.

Pendataan dilakukan untuk memastikan seluruh warga di Perumahan Rungkut Mapan Barat telah divaksin.

Menurut Wahyu P. Kuswanda, salah satu anggota Relawan Bodreks, pendataan perlu dilakukan karena adanya perbedaan data antara data pada “Pcare Kemenkes” dengan di lapangan.

Baca juga: Pemkab Pamekasan Gandeng Bea Cukai Madura Sosialisasikan Penggunaan Pita Cukai

Hal itu setelah diketahui, data pada “Pcare Kemenkes” berdasarkan warga yang ber-NIK di Perumahan Rungkut Mapan Barat.

“Relawan Bodreks merasa perlu melakukan pendataan di lapangan karena menurut data pada Pcare Kemenkes jumlah warga yang belum divaksin masih sekitar 400 orang”, kata Wahyu P. Kuswanda, Selasa (14/9/2021).

“Sedangkan menurut data pada saat vaksinasi tanggal 1 September 2021, jumlah warga yang mendaftar ikut vaksinasi hanya sekitar 300 orang. Sehingga Relawan Bodreks merasa perlu melakukan pendataan ulang dengan cara door to door mendatangani setiap rumah warga”, lanjutnya.

Masih menurut Wahyu, adanya kepastian data seluruh warga Perumahan Rungkut Mapan Barat sudah divaksin akan menciptakan herd immunity di Perumahan Rungkut Mapan Barat.

“Relawan Bodreks hendak memastikan bahwa seluruh warga di Perumahan Rungkut Mapan Barat sudah divaksin. Tujuannya untuk memastikan bahwa herd immunity telah tercapai di Perumahan Rungkut Mapan Barat”, imbuhnya.

Relawan bodreks memang terbentuk atas insiatif warga bantu warga.

Pada 22 Juni 2021 yang lalu,mereka telah sukses bekerjasama dengan Puskesmas Gununganyar melakukan vaksinasi dosis pertama untuk 150 orang warga.

Dilanjutkan tanggal 1 September 2021 yang lalu telah sukses mengundang mobil vaksinasi kelililing Polrestabes Surabaya melakukan vaksinasi dosis pertama untuk 300 orang warga.

BACA BERITA SURABAYA LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved