Breaking News:

Misi Hemat 4 Miliar, 5.000 SPBU Segera Pasang Energi Tenaga Surya

Pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) bisa hemat Rp 1 juta per bulan setelah memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Editor: Rudy Hartono
Istimewa
SPBU Pertamina banyak yang beroperasi 24 jam dan konsumsi listrik cukup besar. 

SURYA.co.id - Pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) bisa hemat Rp 1 juta per bulan setelah memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap di SPBU. Pertamina menyampaikan penghematan itu berasal dari penghematan biaya tagihan listrik akibat pemasangan PLTS atap.

BUMN minyak dan gas itu sudah menargetkan memasang PLTS atap di 5.000 SPBU. Nantinya pemasangan PLTS tersebut akan dilakukan oleh Pertamina NRE sebagai subholding Pertamina. Ada potensi penghematan tagihan listrik hingga Rp 4 miliar per tahun dari pemasangan di 5.000 Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).  “Pertamina mendukung upaya pencapaian net zero emission," ujar Chief Executive Officer Pertamina NRE Dannif Danusaputro dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Pertamina mengatakan pemasangan PLTS atap di SPBU membuat SPBU jadi lebih ramah lingkungan. Pertamina menyebutnya sebagai Green Energy Station (GES). GES, kebutuhan listrik di SPBU dipenuhi dengan PLTS. SPBU tersebut juga menyediakan layanan untuk gaya hidup konsumen yang lebih ramah lingkungan. "Pemasangan PLTS di 5.000 SPBU diperkirakan berpotensi menurunkan emisi sebesar 34.000 ton CO2 per tahun,” kata Dannif.

Oleh karena itu, jika 5.000 SPBU memasang PLTS dengan kapasitas 5 KWp, total potensi penghematan yang dihasilkan sekitar Rp 4 miliar dalam setahun.  Pertamina menyampaikan, hasil riset yang dilakukan oleh BloombergNEF menunjukkan bahwa pada rentang waktu 2010 sampai dengan 2020, biaya investasi PLTS turun drastis hingga 90 persen.

Ke depan, diproyeksikan biaya pemasangan PLTS akan menjadi kompetitif dibandingkan dengan pembangkit listrik berbasis bahan bakar fosil. Soal perawatan PLTS atap, Pertamina menyampaikan bahwa perawatan panel surya hanya perlu dibersihkan minimal setiap 6 bulan sekali agar terhindar dari kotoran dan jamur. “Keamanan dan kenyamanan konsumen sangat kami perhatikan. HSSE Golden Rules sudah menjadi budaya di Pertamina, di mana aspek keamanan dan keselamatan tidak akan lepas dari setiap aktivitas operasi kami, sehingga konsumen tidak perlu khawatir,” kata Dannif.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasang PLTS Atap, Pemilik SPBU Bisa Hemat Rp 1 Juta Per Bulan ".

Penulis : Yoga Sukmana

Editor : Yoga Sukmana

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved