Breaking News:

Berita Pasuruan

Gus Ipul Berharap Dekranasda Bantu Identifikasi Masalah dan Solusi untuk UMKM Kota Pasuruan

Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pasuruan resmi dikukuhkan, Selasa (14/9/2021), di Gedung Gradika Bhakti Praja.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Galih Lintartika
Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf saat menghadiri acara pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pasuruan resmi dikukuhkan di Gedung Gradika Bhakti Praja, Selasa (14/9/2021). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pasuruan resmi dikukuhkan di Gedung Gradika Bhakti Praja, Selasa (14/9/2021).

“Dengan ini saya kukuhkan 38 orang sebagai pengurus dewan kerajinan nasional daerah Kota Pasuruan,” Kata Ketua Dekranasda Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf.

Usai pengukuhan, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap Dekranasda bisa aktif dalam mengambil peran pembangunan Kota Pasuruan.

“Dekranasda harus bisa ambil bagian dalam proses pembangunan di kota yang kita cintai ini. Berkontribusi dalam percepatan kesejahteraan masyarakat, khususnya memperkuat ekonomi kreatif memperkuat koperasi UMKM yang ujungnya adalah kesejahteraan,” ujarnya.

Saat ini, sudah saatnya tiap kelurahan di Kota Pasuruan memiliki produk unggulan yang akan mengangkat omzet UMKM. Apalagi di era digital yang mengharuskan promosi juga dilakukan di dua "alam" yakni online dan offline.

Keberadaan dan peran Dekranasda dikatakan Gus Ipul turut andil dalam pembangunan daerah.
"Kami harapkan Dekranasda juga bisa bekerja mengidentifikasi masalah mencarikan solusi untuk mempercepat dan memperkuat ekonomi kreatif, koperasi, usaha rintisan anak muda dan UMKM," ujar Gus Ipul.

Lebih lanjut, Gus Ipul mengatakan, tidak ada usaha yang tidak jatuh bangun yang merupakan kisah jatuh bangkit para pengusaha dan UMKM. Hal itu yang ingin ditekankan oleh Gus Ipul untuk mengajak generasi muda untuk mendapatkan fasilitas bantuan dari Pemda dengan memanfaatkan Mall Poncol.

“Dekranasda juga saya harapkan bisa menjembatani generasi muda, anak-anak milenial yang kreatif untuk mendapatkan tempat mengembangkan kreatifitas mereka," lanjut Gus Ipul.

Di sisi lain, untuk pengembangan UMKM juga perlu dukungan para lurah untuk menggerakkan sektor-sektor atau program Dekranasda. Gus Ipul mencontohkan, seperti industri mebel, logam, makanan minuman yang memerlukan perhatian.

"Kami harus mendorong mereka untuk hidup di dua dunia, yakni online dan offline. Sedangkan yang paling banyak saat ini adalah offline. Kami ingin lurah mendampingi juga mendaftar, membimbing UMKM agar juga paham dunia digital," tegas Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode itu.

Gus Ipul menambahkan, banyak UMKM yang memerlukan pendampingan untuk membantu menaikkan omzet. Oleh karena itu, para lurah diharapkan memiliki kepedulian untuk memperkuat data warganya khususnya sektor UMKM. Data-data tersebutlah yang akan membantu daerah untuk data base bantuan untuk UMKM agar tepat sasaran.

“Itu perlu sekali bagi UMKM. Seperti Yu Jah, Yu Nah yang jual jamu, rujak, tanpa pemerintah dia harus jualan. Inilah harus dikawal agar omzetnya meningkat. Jangan dibiarkan. Ini perlunya lurah untuk membantu warga, karena lurah yang paling hafal," imbuh Gus Ipul.

Sementara itu, pelantikan Pengurus Dekranasda juga dihadiri Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo serta berbagai elemen masyarakat seperti lurah, camat, beberapa kepala perangkat daerah, perwakilan koperasi, dan pihak perbankan seperti Bank Jatim, BPR dan Bank UMKM Provinsi Jawa Timur.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved