Breaking News:

Berita Jember

44 Peserta Langsung Gugur di Hari Pertama Tes SKD CPNS Jember, Penyebabnya Sepele

Lebih lanjut Suko menyarankan kepada para peserta ujian CPNS untuk menjaga kesehatan, apalagi saat ini masih pandemi

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Petugas mencocokan wajah dan NIK peserta tes SKD CPNS Jember, Selasa (14/9/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - 44 orang peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Jember tahun 2021 tidak hadir di hari pertama pelaksanaan ujian CPNS, Selasa (14/9/2021). Dan seluruhnya juga tidak memberikan keterangan atas ketidakhadiran mereka.

Dan ketidakhadiran karena tanpa keterangan sebenarnya alasan sepele, namun berimbas pada ketidaklolosan mereka sebelum mengikuti tes.

"Yaitu kami juga bertanya-tanya, kenapa mereka tidak hadir. Sebab semuanya tidak memberikan keterangan," ujar Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jember, Sukowinarno kepada SURYA, Selasa (14/9/2021).

Berdasarkan data, pada sesi pertama ada 10 orang tidak hadir, kemudian sembilan orang di Sesi 2, dan 25 orang tidak hadir di Sesi 3. Dari total peserta tes yang seharusnya 600 orang, sebanyak 556 hadir, dan 44 orng tidak hadir. "Kalau secara keseluruhan, pelaksanaan ujian di hari pertama aman dan lancar," ujar Suko.

Ketika ditanya apakah yang tidak hadir itu ada yang menyerahkan surat keterangan sakit, atau memberitahu karena terpapar Covid-19, Suko menjawab tidak ada keterangan apapun. Karena arena itu, mereka otomatis dinyatakan gugur atau tidak lolos tes.

Lebih lanjut Suko menyarankan kepada para peserta ujian CPNS untuk menjaga kesehatan, apalagi saat ini masih pandemi. "Apapun alasannya, kami harapkan semua peserta menjaga kesehatan. Apalagi rapid test antigen itu dilakukan H-1 ujian, karena berlaku 1x24," tegasnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jember, Mirfano yang mengunjungi lokasi SKD CPNS Jember di Balai Serba Guna Kaliwates, meminta dua hal kepada pihak penyedia jaringan listrik dan internet.

"Saya tegaskan minta jaminan dua hal, listrik dan internet. Jangan sampai ada gangguan selama ujian berlangsung, karena dua hal ini sangat penting," tegas Mirfano.

Kabupaten Jember mendapatkan kuota 634 formasi di rekrutmen CPNS tahun 2021. Jumlah pendaftar mencapai 3.342 orang, yang akan dibagi enam hari tes SKD.

Seluruh formasi yang didapatkan Kabupaten Jember adalah untuk tenaga kesehatan, seperti dokter, bidan, perawat, petugas laboratorium, ahli gizi, analis kesehatan, juga petugas kesehatan lingkungan. ***

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved