Breaking News:

Berita Lamongan

Temuan Struktur Batu Bata Merah Kuno di Lamongan, Lokasi Sebelah Selatan Makam Mbah Piyak

Struktur batu bata merah kuno yang diduga menjadi bagian peninggalan bersejarah ditemukan di Kecamatan Babat, Lamongan.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Hanif Mashuri
Kasi Museum Sejarah dan Purbakala Disparbud Lamongan, Edy Suprapto saat mendatangi lokasi penemuan batu bata merah kuni di Desa Sambangan, Kecamatan Babat, Senin (13/9/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Struktur batu bata merah kuno yang diduga menjadi bagian peninggalan bersejarah ditemukan di area persawahan, sebelah selatan makam Mbah Piyak sesepuh Dusun Jetis Sambungrejo, Desa Sambangan, Kecamatan Babat, Lamongan.

Temuan batu bata merah yang strukturnya tak beraturan itu menjadi perhatian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan.

Kasi Museum Sejarah dan Purbakala Disparbud Lamongan, Edi Suprapto bahkan telah turun ke lokasi untuk melalukan pendataan awal dan membawa satu sampel batu merah, Senin (13/9/2021).

"Belum tahu sejauh mana jejak batu bata merah yang sementara struktur permukaannya tak beraturan itu. Kami ambil satu buah sampel batu bata merah," katanya kepada SURYA.CO.ID, Senin (13/9/2021).

Ia juga belum bisa memastikan, seberapa dalam dan luas struktur batu bata tersebut. Pasalnya belum ada ekskavasi dan penggalian sejak pertama ditemukan.

Pihaknya masih melakukan satu giat awal membawa sampel batu bata merah untuk dikaji Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Edy mengatakan, struktur batu bata merah itu ditemukan beberapa hari yang lalu oleh warga saat hendak melakukan normalisasi Kali Moropelang - Bulumargi, Babat.

Saat itu, pihak pelaksana diminta untuk melakukan pengurukan lokasi makam Mbah Piyak.

"Saat mengambil tanah di selatan makam Mbah Piyak itu, alat berat itu menggaruk permukaan tumpukan batu bata merah tersebut," kata Kasun Jetis Sambungrejo, Harmuji yang turut mendampingi Kasi Sejarah dan Purbakala Disparbud di lokasi penemuan.

Struktur batu bata merah kuno itu ditemukan pada kedalaman 50 sentimeter dari permukaan tanah dan belum diketahui panjang dan lebarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved