Breaking News:

Berita Kota Kediri

Mudahkan Akses Vaksinasi untuk Warga Asing, Dispendukcapil Kota Kediri Terbitkan NIK dan SKTT

Salah satunya adalah untuk Thariq Latif, salah satu WNA asal Inggris yang berdomisili di Kota Kediri, Senin (13/9/2021).

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Deddy Humana

SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI - Warga asing atau WNA yang berdomisili sementara di Kota Kediri, tidak akan luput dari vaksinasi Covid-19. Karena itu Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri memberikan Surat Keterangan Tinggal Terbatas (SKTT) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk WNA.

Salah satunya adalah untuk Thariq Latif, salah satu WNA asal Inggris yang berdomisili di Kota Kediri, Senin (13/9/2021).

Penertiban SKTT dan NIK dilakukan agar WNA bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. Selanjutnya SKTT dan NIK itu akan berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang secara berkala.

Kepala Dispendukcapil Kota Kediri Syamsul Bahri menyampaikan, saat ini banyak WNA yang mulai mengurus SKTT untuk bisa mendapatkan jatah vaksinasi. “SKTT ini penting untuk WNA karena di dalamnya ada NIK. NIK ini yang pasti digunakan untuk pendaftaran vaksin," jelas Syamsul.

Kalau tidak ada NIK, sementara ini meskipun sudah tervaksin maka WNA itu juga kesulitan masuk mal atau melakukan perjalanan karena tidak tercatat di aplikasi PeduliLindungi.

Syamsul juga memberi catatan bahwa NIK dan SKTT tetap harus diperpanjang setiap tahun, karena NIK akan otomatis tidak berlaku jika tidak dilakukan perpanjangan.

Selain itu, setelah terbit NIK dan mendapat vaksin, sudah menjadi wewenang kerja dari Dinas Kesehatan Kota Kediri untuk memasukkan data di PeduliLindungi.

Sementara Aris, bagian HRD tempat Thariq Latif bekerja menyebutkan sangat senang karena sudah menunggu lama. Karena dalam satu pabrik tinggal Thariq yang belum divaksin dikarenakan tidak ada NIK.

"Kami cari tahu bagaimana cara mendapatkan NIK, ternyata dengan mengurus SKTT di Kantor Dispendukcapil,” ujar Aris.

Aris juga menyampaikan bahwa kepengurusan SKTT di Kota Kediri berlangsung cepat selama persyaratan yang diperlukan telah dilengkapi. Dijelaskan, berkas masuk pada Jumat (10/9/2021) dan Senin (13/9/2021), NIK sudah diterima.

Data di Kantor Dispendukcapil Kota Kediri, pada September 2021 ada 10 orang WNA yang telah mengurus SKTT. Di antaranya 8 orang yang telah mendapat NIK, serta 2 orang lainnya masih dalam tahap melengkapi berkas.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menyampaikan, WNA di Kota Kediri juga perlu sadar administrasi seperti halnya WNI.

“Selain untuk pendataan dan pemetaan penduduk, hal ini juga menjadi kebutuhan WNA. Karena lengkapnya administrasi kependudukan bisa mempermudah mereka mendapat akses pelayanan di Kota Kediri,” kata Abu Bakar. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved