Breaking News:

Dukung Kebersihan Lingkungan, PLN Bantu Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Desa Ketindan

Dukung Kebersihan Lingkungan, PLN Bantu Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Desa Ketindan

Editor: Adrianus Adhi
Dok PLN
CSR PLN 

SURYA.co.id, Surabaya - Permasalahan sampah di Indonesia semakin hari semakin memprihatinkan, jika tidak diatasi dengan baik dapat mengakibatkan masalah pencemaran lingkungan dan berbagai permasalahan kesehatan. Hal ini juga merupakan salah satu isu di Desa Ketindan Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, yang berpenduduk sekitar 10.000 jiwa. Untuk itu, PT PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan memberikan bantuan pembangunan tempat pengolahan sampah Ketindan.

Tempat Pengolahan Sampah Desa Ketindan telah menjadi Binaan PT PLN selama dua tahun terakhir ini dengan total bantuan PLN Peduli sebesar 175 juta rupiah. Bantuan ini sepenuhnya dipergunakan untuk pembangunan tempat pengolahan sampah dan pengembangannya yang dibangun di tanah seluas 2.000 m². Bantuan PLN Peduli ini diharapkan dapat memberikan solusi nyata untuk masalah sampah di Desa Ketindan sehingga ke depannya tidak hanya dapat mengatasi masalah sampah, tapi juga dapat memberikan lapangan pekerjaan baru dan pendapatan bagi masyarakat sekitar untuk peningkatan ekonomi sehingga memberikan manfaat tidak hanya lingkungan tapi juga secara ekonomi.

Bantuan PLN Peduli ini diserahkan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali melalui PLN Unit Pelaksana Proyek JBTB 3. Bantuan PLN Peduli di tahun 2021 ini diserahkan secara simbolis pada Juni lalu oleh Manager Perijinan dan Umum, Dwi Ujud, kepada Kepala Desa Ketindan, yang ditemui dalam acara seremonial, Artining, S.Sos. mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PLN karena telah membantu masyarakat Ketindan dengan pembangunan tempat pengolahan sampah, di mana sebelumnya Desa Ketindan tidak memiliki Tempat Pengolahan Sampah. “Dengan adanya program PLN Peduli, Desa Ketindan sangat terbantu dalam mengatasi isu sampah yang merupakan salah satu masalah yang sangat prioritas di Desa Kami. Kami berharap melalui bantuan ini, permasalahan sampah dapat teratasi bahkan dapat membuka lapangan kerja dan pendapatan baru dari pengolahan sampah", tambahnya. Lebih lanjut Artining mengucapkan bahwa masyarakatpun sangat menyambut dengan gembira bantuan dari PLN ini.

Ditemui dalam kesempatan berbeda, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP JBTB, Ratih Kusuma Dewi menyampaikan, bahwa program PLN Peduli ini ini diberikan sebagai wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) terhadap masyarakat yang berada di sekitar lokasi uprating SUTT 150 kV Blimbing Baru-Bangil, yang saat ini membantu keandalan sistem kelistrikan wilayah Jawa khususnya Jawa Timur. Selain itu, PLN juga mendukung program pemerintah dalam isu lingkungan sehinga diharapkan dengan adanya PLN Peduli dapat meminimalisasi isu lingkungan di masyarakat khususnya Desa Ketindan ini.

PLN juga sangat mengharapkan sinergi dan dukungan dari masyarakat dalam pembangunan sistem kelistrikan. Selain itu, untuk meningkatkan perekonomian khususnya usaha masyarakat, listrik memegang peranan yang sangat penting. Kedepan PT PLN (Persero) UIP JBTB akan terus berupaya melaksanakan program-program TJSL yang dapat membantu permasalahan di masyarakat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved