Breaking News:

TWK KPK

KPK Bisa Pecat Mentah-mentah Novel Baswedan Cs Setelah Putusan MA, Nasibnya di Ujung Tanduk

Pimpinan KPK bisa memecat Novel Baswedan Cs yang tak lolos TWK setelah keluar putusan dari MK dan MA terkait polemik tes tersebut.

Editor: Iksan Fauzi
Kolase KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D/Hafidz Mubarak A
Doto Kiri : Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (27/12/2019). Foto Kanan : Novel Baswedan 

SURYA.co.id | JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa memecat Novel Baswedan Cs mentah-mentah meski ada perlawanan.

Nasib Novel Baswedan Cs pun di ujung tanduk setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Mahkamah Agung (MA).

Pemecatan tersebut bisa dilakukan terhadap Novel Baswedan Cs yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK)

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menilai, putusan MK dan MA menegaskan bahwa tes wawasan kebangsaan (TWK) tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Adapun MA menolak permohonan uji materi Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2021 yang diajukan oleh pegawai KPK.

Perkom ini menjadi dasar pelaksanaan TWK sebagai bagian dari alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN). Sementara itu, MK menolak permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 19 tahun 2019 tentang KPK terkait pasal peralihan status pegawai.

"Artinya pegawai yang tidak lolos TWK tidak dapat diangkat menjadi ASN. UU KPK hasil revisi menetapkan pegawai KPK adalah ASN," ujar Alex kepada Kompas.com, Jumat (10/9/2021).

"Konsekuensinya yang tidak bisa diangkat menjadi ASN harus keluar/diberhentikan dengan hormat dari KPK," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK Yudi Purnomo Harahap menilai, putusan MA tidak jauh berbeda dengan putusan MK terkait polemik TWK.

“Bahwa secara formal TWK bisa dilakukan KPK, artinya walaupun boleh dilakukan tapi proses pelaksanaannya harus dilakukan dengan transparan dan akuntabel,” ujar Yudi kepada Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved