Breaking News:

Berita Surabaya

BOR RSLI Surabaya Turun 38,3 persen, Masyarakat Diimbau Antisipasi Munculnya Varian Baru Covid-19

Angka BOR Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya sekarang mencapai 38,3 persen. Dari kapasitas bed 410, yang terhuni sekarang 157 pasien.

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Konferensi Pers di Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya, Kamis (9/9/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Penanggung Jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Laksamana Pertama dr Ahmad Samsulhadi MARS memaparkan, saat ini pasien yang dirawat sebanyak 157 pasien. Sebelumnya, dalam satu hari pernah merawat 398 pasien pada bulan Juli 2021.

Rinciannya, untuk pasien umum atau mandiri 8 orang, sedangkan sisanya 149 orang adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang dari Hongkong, Brunei, Malaysia, Singapura, Taiwan dan lain sebagianya.

Angka BOR sekarang mencapai 38,3 persen. Dari kapasitas bed 410, yang terhuni sekarang 157 pasien.

"Pernah BOR tertinggi pada bulan Juni sebesar hampir 98 persen. Untuk tingkat kesembuhan sekarang sebesar 98,34 persen, yakni total pasien sembuh sebanyak 9.631 penyintas. Saat ini sudah tidak ada pasien inden," ujarnya, dalam keterangan pers, Kamis (9/9/2021).

Meskipun demikian, RSLI Surabaya sedang mencermati pasien PMI. Untuk penanganan pasien tersebut, pihaknya sangat antisipasif. Terutama munculnya kemungkinan varian baru, juga beberapa pasien PMI yang sudah 10 hari dirawat, dengan nilai CT Value-nya masih di bawah 15.

“Ini fenomena baru dan masih kami tindak lanjuti. Karena fenomena yang aneh, saya sudah meminta untuk menindaklanjuti,” tutur dr Samsulhadi.

“Kita tidak boleh lengah. Covid -19 ibarat siluman, kami ingat betul, akhir tahun melandai, awal tahun meledak, pada Januari sampai Februari. Kemudian melandai hingga Mei, namun kembali meledak pada Juni dan Juli. Juni kami sempat merawat 980 pasien dan Juli sebanyak 1.082 pasien dan Agustus mulai turun pada angka 625 pasien," imbuhnya.

Masih kata dr Samsulhadi, di bulan Juni itu pula sempat mendapati inden pasien reguler sebanyak 233 orang dalam satu hari.

Maka, masyarakat diminta harus tetap menjalankan protokol kesehatan 5M dan semua pemangku kepentingan juga tetap menjalankan 3T hingga nantinya pandemi dinyatakan selesai oleh pemerintah.

Mengenai perkembangan varian baru Covid-19, dr Fauqa Arinil Aulia Sp.PK, Spesialis Patologi Klinis sekaligus Dokter Penanggung Jawab Pasien RSLI Surabaya memaparkan, yang perlu diwaspadai yaitu varian MU yang termasuk Varian of Interest (VoI).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved