Breaking News:

Techno

Alasan di Balik Angka 9.41 di Setiap Peluncuran Produk Apple

Tercatat, di semua lini produk Apple, mulai iPhone, MacBook, iPad, hingga Apple Watch, akan selalu menunjukkan waktu yang sama, yakni pukul 9.41 pagi

Editor: Rahadian Bagus
(engadget)
Ilustrasi peluncuran IPhone 

SURYA.CO.ID - Para penggemar Apple, sadarkah kalian setiap kali Apple meluncurkan produk baru, tampilan iklan produk Apple selalu menunjukkan pukul 9.41?

Tercatat, hampir di semua lini produk Apple, mulai iPhone, MacBook, iPad, hingga Apple Watch, akan selalu menunjukkan waktu yang sama, yakni pukul 9.41 AM atau 9.41 pagi.

Bukan tanpa alasan, Apple memang sengaja mengatur jam di tampilan desktop berada di angka 9.41. Dilansir Engadget, pada pukul 9.41 di tanggal 9 Januari 2007, Steve Jobs, sang pendiri Apple, untuk pertama kalinya memperkenalkan iPhone ke khalayak umum.

Jobs memamerkan mahakarya teknologinya itu dalam ajang MacWorld di San Francisco, AS. Menurut mantan petinggi Apple, Scott Forstall, waktu 9.41 yang sengaja ditampilkan pada setiap layar produk Apple.

Ini berfungsi sebagai pengingat kapan perangkat fenomenal ini pertama kali diluncurkan ke publik. Bahkan, setiap sesi keynote atau presentasi Apple akan dimulai tepat di angka 40 menit.

"Sesi keynote iPhone dan iPad selalu kami atur jadi 40 menit. Setelahnya, produk akan resmi kami perlihatkan. Jadi, kami set waktunya ke 9.41 AM," tutur Forstall.

Yang unik, sebelum Apple memilih angka 9.41 sebagai tampilan jam default iklan produknya, waktu Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama iPad justru berbeda, yakni pukul 9.42 AM.

Forstall mengatakan, Jobs memang selalu menyisakan waktu 1 menit agar presentasinya bisa selesai sedikit lebih lama dan bisa memberikan jeda sesaat peluncuran iPad generasi pertama.

"Setelah iPad generasi pertama hadir, barulah kami atur waktu jadi 40 menit. Jadi, semua produk Apple yang kamu lihat memberitahukan waktu yang akurat, sesuai dengan alur keynote," pungkasnya.

Sampai saat ini, tampilan jam 9.41 masih tetap dipakai Apple untuk iklan produk terbarunya.

Bahkan saat Apple meluncurkan smartphone generasi terbarunya, mereka masih menunjukkan pukul 9.41.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved