Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Jatim Asesmen PPKM Level 2, Lamongan Level 1 Pertama di Jawa, Gubernur Khofifah Ucapkan Terima Kasih

Berdasarkan data asesmen dari Kemenkes RI, Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi di Jawa yang memiliki kabupaten/kota PPKM Level 1.

Editor: Cak Sur
Humas Pemprov Jatim
Asesmen Covid-19 Jawa Timur yang dirilis pada 7 September 2021 

SURYA.CO.ID, MALANG - Berbagai upaya terus dilakukan dalam menangani Pandemi Covid-19. Tak hanya Pemprov, tetapi Forkopimda Jatim, Bupati/Wali Kota dan Forkopimda serta semua masyarakat dan berbagai elemen se-Jatim saling bersinergi dan menjaga kekompakan dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

Alhamdulillah, upaya tersebut mampu membuahkan hasil bagi Jawa Timur.

Berdasarkan data asesmen situasi kabupaten/kota dari Kemenkes RI per 6 September yang dirilis tanggal 7 September 2021, Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi di Jawa yang memiliki kabupaten/kota PPKM Level 1. Adapun daerah yang masuk pada level 1 yaitu Kabupaten Lamongan.

Dalam assesment yang dilakukan oleh Kemenkes RI per 6 September 2021, terdapat hasil yang menggembirakan bagi Provinsi Jawa Timur. Provinsi Jatim menjadi level 2.

Asesmen PPKM yang dilaksanakan mulai 1 Agustus hingga 6 September 2021, tercatat Level 2 meningkat dari 0 kabupaten/kota menjadi 16 kabupaten/kota. Di antaranya, Kabupaten Tuban, Sumenep, Situbondo, Sidoarjo, Sampang, Probolinggo, Pasuruan, Pamekasan, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik, Bondowoso, Bojonegoro, Banyuwangi dan Bangkalan.

Sementara Level 3 tercatat dari 8 menjadi 19 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Madiun, Lumajang, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun , Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Jombang, dan Blitar.

Sedangkan Level 4 terdapat penurunan dari 30 kabupaten/kota menjadi 2 kabupaten/kota. Di antaranya, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Magetan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku bersyukur dan berterima kasih atas kerja keras dan partisipasi semua pihak yang ikut mencegah penyebaran Covid-19 di Jatim. Di dalamnya termasuk Forkopimda Jatim, pemkab/pemkot, tenaga kesehatan (nakes), tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, media, dan seluruh elemen masyarakat.

"Alhamdulillah, Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi yang memiliki kabupaten/kota pada level 1 sesuai asesmen yang dilakukan Kemenkes RI, yaitu Lamongan. Terima kasih kekompakan dari semua pihak, termasuk bupati/wali kota bersama Forkopimda se-Jatim, nakes dan sebagainya,” ujar Gubernur Khofifah saat memimpin Rakor PPKM di Gedung BPSDM Jatim, Jalan Kawi Kota Malang, Selasa (7/9/2021) malam.

Khofifah menjelaskan, dari total perkembangan level yang ada, membuat situasi asesmen Provinsi Jatim juga turun. Yaitu dari tingkat 4 ke tingkat 2 hasil dari asesmen situasi Covid-19 Jatim per 1 Agustus 2021 dan 6 September 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved