Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Tinjau Vaksinasi di Dolopo Madiun, 17.374 Orang Masyarakat Desa Hutan Tervaksin

Gubernur Khofifah meninjau vaksinasi Covid-19 masyarakat sekitar hutan, di Wana Wisata Raden Sekar Park Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, Madiun

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau vaksinasi untuk masyarakat kawasan hutan di Wana Wisata Raden Sekar Park, Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Rabu (8/9/2021). 

SURYA.CO.ID, MADIUN - Vaksinasi untuk masyarakat terpencil bukan hanya disisir Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk masyarakat di kepulauan dan pesisir. Namun masyarakat yang ada di kawasan desa hutan dan pegunungan juga dibantu untuk terjangkau layanan vaksinasi Covid-19.

Untuk itu, hari Rabu (8/9/2021) ini, Gubernur Khofifah meninjau vaksinasi masyarakat sekitar hutan, di Wana Wisata Raden Sekar Park Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

Pasalnya di desa itu digelar sebanyak vaksinasi untuk 90 orang. Tapi secara total, layanan vaksinasi masyarakat di sekitar hutan sudah dilakukan Pemprov Jatim untuk 17.374 orang.

Didampingi Bupati Madiun Ahmad Dawami, Khofifah meninjau vaksinasi tersebut dengan Perhutani Divre Jawa Timur, juga kepala Dinas Kehutanan dan Kepala Dinas Pertanian Jawa Timur.

“Vaksinasi untuk masyarakat yang mengelola hutan, yang ada di daerah terpencil memang kita sisir. Karena hulunya dalam penanganan covid-19 ini adalah di penegakan prokes dan juga vaksinasi,” kata Khofifah.

Vaksinasi untuk masyarakat kawasan hutan mendapatkan minat yang begitu besar dan diterapkan dalam prosedur ketat prokes. Tenda-tenda sengaja didirikan secara terpisah sesuai dengan tahapan registrasi hingga pengawasan setelah vaksinasi.

Gubernur Khofifah menyapa para masyarakat yang akan dan telah divaksin. Dan bagi yang sudah divaksin juga diberikan sembako lengkap langsung oleh Gubernur Khofifah.

“Sampaikan salam saya kepada keluarga di rumah ya. Kalau belum vaksin segera ikut vaksin. Tetap prokes ya,” kata Khofifah sembari menyerahkan paket sembako.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Jumadi menyampaikan bahwa total ada sebanyak 20.668 orang warga masyarakat desa yang menjadi sasaran vaksinasi.

Per hari ini, yang telah divaksin dosis pertama ada sebanyak 17.374 orang. Dari jumlah itu ada sebanyak 11.216 orang yang telah divaksin dosis kedua.

Di Jawa Timur saat ini ada sebanyak 10 cabang Dinas Kehutanan. Mereka yang telah dikoordinasikan untuk menyisir pelaksanaan vaksinasi ke masyarakat desa.

“Ini adalah komitmen ibu gubernur untuk terus menggencarkan vaksinasi seiring dengan Jawa Timur yang terus turun status dan levelnya. Kami terus berupaya supaya vaksinasi ini terus dilakukan,” tegas Jumadi.

Dalam acara vaksinasi yang dilakukan di Sekar Park Dolopo Madiun tersebut, juga dilakukan penyerahan alat ekonomi produktif untuk para kelompok tani hutan.

“Untuk perhutanan sosial kami peringkat pertama dalam hal luas area, di mana area hutan sosial kita itu 65 persen. Jadi baik luas lahan dan petani penggarap kita terbanyak sampai semester satu tahun ini,” pungkas Jumadi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved