Breaking News:

Berita Jember

Kopi Bondowoso dari Petani Binaan Universitas Jember Dibawa ke Ajang Coffee Cupping Eropa

Kopi Bondowoso dibawa ke ajang coffee cupping (pencicipan kopi) oleh tester kopi profesional Eropa di Den Haag, Belanda.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: irwan sy
Unej
Kopi produksi petani Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso dibawa ke ajang coffee cupping (pencicipan kopi) oleh tester kopi profesional Eropa di Den Haag, Belanda. Keikutsertaan kopi Bondowoso dari petani binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember dan PT Astra Internasional itu, sebagai langkah penjajagan kopi Bondowoso di Pasar Eropa. 

Berita Jember
Reporter: Sri Wahyunik
Editor: Irwan Sy

SURYA.co.id | JEMBER - Kopi produksi petani Sumberwringin Bondowoso dibawa ke ajang coffee cupping (pencicipan kopi) oleh tester kopi profesional Eropa di Den Haag, Belanda.

Keikutsertaan kopi petani binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember (Unej) dan PT Astra Internasional itu, sebagai langkah penjajagan kopi Bondowoso di Pasar Eropa.

Kegiatan yang digelar, Kamis (2/9/2021) malam lalu itu digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Belanda bersama Kementerian Perdagangan dalam tajuk kegiatan Indonesia Coffee Cupping 2021.  

Pencicipan rasa itu untuk mewujudkan keinginan petani kopi kecamatan itu mengekspor produknya ke luar negeri.

Hasil dari kegiatan pencicipan rasa kopi itu akan menjadi rekomendasi bagi pembeli kopi dari Eropa untuk menentukan kopi Bondowoso yang akan mereka beli.

Kegiatan Indonesian Coffee Cupping 2021 dibuka resmi oleh Duta Besar RI untuk Belanda, Mayerfas.

Sementara pihak LP2M Unej dan petani kopi Bondowoso memantau acara pencicipan rasa itu secara daring.

Dalam sambutannya, Duta Besar Mayerfas mempromosikan keanekaragaman kopi Indonesia di hadapan para tamu yang terdiri dari tester kopi profesional, pemilik cafe, barista dan importir kopi dari Belanda, bahkan dari negara Eropa lain seperti Belgia.

“Belanda adalah pasar potensial bagi kopi Indonesia, sebab dari data yang ada, rata-rata warga Belanda meminum 4 cangkir kopi sehari. Jumlah ekspor kopi Indonesia ke Belanda pun stabil walau di masa pandemi, tahun 2020 lalu nilainya mencapai 5,16 juta dolar," ujar Mayerfas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved