Breaking News:

Berita Surabaya

Unair Surabaya Masuk Group Ranking 4 Pemeringkatan THE WUR 2022

Unair masuk dalam jajaran group rangking 4 sebagai kampus terbaik di Indonesia menurut pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings

Penulis: Zainal Arif | Editor: Cak Sur
Istimewa
Kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya masuk dalam jajaran group rangking 4 sebagai kampus terbaik di Indonesia menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2022.

Pemeringkatan ini diikuti oleh 1.662 universitas dari 99 negara di dunia dan resmi dirilis melalui laman THE WUR pada Kamis (2/9/2021) lalu.

Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak memberikan tanggapan atas dirilisnya pemeringkatan oleh THE WUR.

Meski terhitung baru masuk dalam pemeringkatan tersebut, namun Unair berhasil menduduki posisi yang bisa diperhitungkan, yaitu pada pada posisi 1201+.

"Ini patut disyukuri, ada lompatan yang cukup signifikan. Sebagai newcomer ini hal yang sangat luar biasa," kata Prof Nasih kepada SURYA.CO.ID, Sabtu (4/9/2021).

Ada lima indikator penilaian yang digunakan THE WUR sebagai metodologi pemeringkatan.

Lima indikator itu adalah teaching, research, citations, industry income dan international outlook.

Secara umum nilai Unair berada di kisaran 10,6-22,3 dengan rincian penilaian Teaching 21,5, Research 10,7, Citations 18,3, Industry income 36,5, dan International outlook 34,2.

Penilaian itu menempatkan Unair pada posisi group rangking 4 di Indonesia.

"Yang paling lemah (indikator penilaian) di industry income, artinya belum cukup banyak penghasilan yang bisa kami peroleh dari industri," jelasnya.

"Tapi saya yakin ini hanya soal data dan pengakuan. Tahun depan ketika proses hilirisasi kita sudah jalan, kita akan masuk ke penambahan industry income," tambahnya.

Berkaca dari lima indikator yang diberikan THE WUR, riset para peneliti bukan hanya berdampak pada naiknya publikasi dan sitasi, namun juga dapat mendatangkan pendapatan bagi institusi.

Pihaknya juga berharap, Vaksin Merah Putih yang sesuai rencana akan diproduksi massal tahun depan, dapat mendatangkan industry income yang cukup signifikan bagi Unair.

Sebagai informasi, selain Unair sebanyak 13 universitas lain di Indonesia baik negeri maupun swasta juga masuk dalam pemeringkatan ini.

"Mudah-mudahan tahun depan kami bisa masuk posisi yang lebih baik lagi," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved