Breaking News:

Berita Kediri

TRC Dinas Sosial Kota Kediri Dampingi Pasien ODGJ Kontrol Kesehatan ke RSJ Lawang

Dinsos Kota Kediri melalui TRC segera mengambil langkah dengan menfasilitasi pasien tersebut untuk menjalani kontrol.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Dinas Sosial Kota Kediri
Anggota TRC Dinas Sosial Kota Kediri mendampingi pasien ODGJ kontrol kesehatan jiwa di RSJ Lawang. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kediri mendampingi MJB, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) warga Kelurahan Ngampel kontrol kondisi kejiwaannya di RSJ Lawang.

Triyono Kutut Purwanto, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Luluk Nita Kumala menjelaskan, sebelumnya MJB telah melakukan rawat inap di RSJ Lawang.

“Bulan Juni 2021 lalu kami memfasilitasi yang bersangkutan berangkat menjalani perawatan inap intensif di RSJ Lawang,” jelas Luluk, Jumat (3/9/2021).

Setelah menjalani rawat inap, MJB selanjutnya dilakukan kontrol ke Poliklinik Jiwa RSJ Lawang guna memastikan kondisi kesehatannya.

Karena keharusan ini, Dinsos Kota Kediri melalui TRC segera mengambil langkah dengan menfasilitasi pasien tersebut untuk menjalani kontrol.

Selama menjalani perawatan intensif di RSJ Lawang, MJB telah menunjukkan perubahan yang baik menuju kesembuhan seperti sedia kala.

“Dengan tetap rajin minum obat, dukungan orang tua dan orang orang terdekatnya serta adanya aktivitas positif sehari -hari yang bersangkutan akan menjadi sehat jiwanya tentu juga sehat lahiriahnya,” ujarnya.

Diharapkan peran serta masyarakat dalam upaya rehabilitasi sosial bagi eks ODGJ ini sangat diperlukan untuk mengembalikan fungsi dan peran sosial mereka di masyarakat menjadi tanggung jawab bersama.

Sementara Muhni, Tim Reaksi Cepat (TRC) Kelurahan Ngampel menjelaskan, setelah mengetahui MJB harus kontrol kemudian berkoordinasi dengan kelurahan dan Dinas Sosial untuk memfasilitasi pemberangkatannya.

Karena keluarganya termasuk kategori keluarga miskin dan masuk dalam DTKS.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, klien hari ini bisa sampai ke RSJ Lawang untuk kontrol pertamanya," ujarnya.

Menurut Dewi, ibu kandung MJB merasa bersyukur telah diberikan fasilitasi oleh TRC berupa pendampingan yang diberikan kepada putranya untuk melakukan kontrol di RSJ Lawang.

"Tanpa ada bantuan dari pemkot kami tidak bisa berangkat ke sana karena tidak ada biaya,” ujarnya.

Saat ini Dinas Sosial Kota Kediri aktif memberikan pendampingan dan perhatian bagi orang penyandang disabilitas mental di Kota Kediri.

Melalui pendampingan-pendampingan tersebut, diharapkan dapat menjadi terapi penyembuhan kepada ODGJ sebagai bentuk rehabilitasi sosial.

Sejumlah pelatihan seperti kerajinan tangan juga diberikan kepada orang eks ODGJ supaya tetap bisa berkarya dengan melakukan hal-hal yang positif.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved