Breaking News:

Berita Trenggalek

Budayawan Ungkap Karakteristik Masyarakat Trenggalek yang Bertahan Hingga Kini

Budayawan asal Trenggalek, Harmaji mengungkapkan karakteristik masyarakat asli Trenggalek yang dianut sejak zaman dulu dan bertahan hingga sekarang.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Cak Sur
Istimewa/Tangkapan layar
Budayawan asal Trenggalek, Harmajid alam webinar nasional memperingati HUT Trenggalek ke-827, Jumat (3/9/2021). 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Budayawan asal Trenggalek, Harmaji mengungkapkan karakteristik masyarakat asli Trenggalek yang dianut sejak zaman dulu dan bertahan hingga sekarang.

Menurut Harmaji, masyarakat Trenggalek memang teguh konsep ajaran leluhur. Hal ini yang membuat mereka loyal kepada pemerintah, berbudaya kuat, pekerja keras dan pantang menyerah.

Ia mengatakan, masyarakat Trenggalek telah membuktikan diri mampu menaklukan alam di masa lalu.

“Mulai dari alam pegunungan, hutan-hutan yang dimanfaatkan menjadi perkebunan dan persawahan. Itu menujukkan bahwa orang Trenggalek punya etos kerja tinggi dan pantang menyerah,” kata Harmaji, dalam webinar nasional memperingati HUT Trenggalek ke-827 yang disiarkan, Jumat (3/9/2021).

Tak hanya warganya, Kabupaten Trenggalek juga berjaya dari sisi sumber daya alamnya sejak zaman dulu.

Berdasarkan catatan literatur yang Harmaji dalami, Kabupaten Trenggalek pernah digambarkan sebagai kawasan yang memiliki potensi besar dari sisi perkebunan kopi pada awal 1900.

“Sehingga banyak orang di Kabupaten Trenggalek, bukan hanya orang Belanda sebagai pemilik lahan, tapi juga kepala desa dan petaninya makmur sekali,” kata dia.

Selain itu, pada zaman dulu Kabupaten Trenggalek juga memiliki industri yang cukup maju. Terbukti, ada banyak peninggalan bangunan-bangunan gudang kopi dan garam yang tersebar di beberapa wilayah di Trenggalek.

“Dan beberapa potensi yang ada di Kabupaten Trenggalek ini, erat kaitannya dengan etos kerja dan pantang menyerah warga Trenggalek,” ujarnya.

Dengan cerita masa lalu yang begitu baik, Harmaji berharap warga Trenggalek kini turut berbangga dengan tanah kelahirannya.

Ia juga mengajak warga Trenggalek untuk mengenalkan kebudayaan dan sejarah Trenggalek ke kalangan luas. Termasuk mengenalkan kekayaan alam dan kesenian yang ada saat ini.

“Saya juga mengajak warga Trenggalek untuk bangga dengan sejarah. Masa lalu tidak boleh kita lupakan. Karena sejarah adalah pengalaman masa lalu manusia. Tidak untuk dilupakan, tapi sebagai pijakan masa kini dan masa pendatang,” pungkas dia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved