Breaking News:

Tren Model Pernikahan 2021, Mayoritas Cukup Gelar Akad, Simak 6 Fakta Survei Nikah Masa Pandemi

Sejumlah perubahan pola pernikahan yang menjadi tren 2021 terpotret lewat survei lembaga riset Populix. Survei digelar 12-14 Agustus 2021.

Editor: Suyanto

SURYA.co.id I JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai pola hidup masyarakat, termasuk pesta pernikahan.

Sejumlah perubahan pola pernikahan yang menjadi tren 2021 terpotret lewat survei lembaga riset Populix. Survei digelar 12-14 Agustus 2021 terhadap 1,002 responden dengan rentang usia 18-30 tahun dari berbagai latar belakang sosial dan wilayah di Indonesia.

Chief Operating Officer Populix, Eileen Kamtawijoyo menjelaskan, menggelar pesta pernikahan dengan mengadakan serangkaian acara adat serta mengundang banyak tamu merupakan budaya masyarakat Indonesia. Selain nilai kekeluargaan dan tradisi yang kuat, pesta pernikahan di masyarakat Indonesia dianggap sebagai salah satu momen terpenting dalam hidup yang patut dirayakan."

"Namun, dari hasil riset terlihat bahwa situasi pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat kita beradaptasi dan menerima perubahan," ungkap Eileen Kamtawijoyo, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Arti Mimpi Menikah dengan Mantan Pacar, Pertanda Harus Waspada

Berikut potret tren dan gaya pernikahan masa pandemi 2021 hasil survei Populix:

1. Tetap gelar nikah beberapa bulan ke depan

Sebanyak 40 persen responden yang memiliki pasangan dan belum menikah mengaku memiliki rencana menikah dalam beberapa bulan ke depan.

2. Gelar akad nikah tanpa resepsi

Kebanyakan responden atau sekitar 36 persen memilih untuk hanya menggelar akad nikah tanpa resepsi, sementara 28 persen memilih mengadakan akad dan menunda resepsinya.

3. Tunda nikah
Sebanyak 22 persen responden bahkan memilih menunda seluruh acara hingga waktu yang belum ditentukan.

4. Tetap ingin undang tamu

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved