Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Sore Ini Gubernur Khofifah Akan Serahkan SK Plt Bupati Probolinggo Pengganti Puput Tantriana

Gubernur Khofifah dijadwalkan akan menyerahkan SK pengangkatan Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko sebagai Plt Bupati Probolinggo

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan menyerahkan SK pengangkatan Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko sebagai Plt Bupati Probolinggo menggantikan Puput Tantriana Sari, Selasa (31/8/2021), pukul 16.30 WIB.

Pengangkatan Plt Bupati Probolinggo dilakukan pasca Puput Tantriana Sari ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan kasus jual beli jabatan kepala desa, Senin (30/8/2021) dini hari.

Puput Tantriana Sari diciduk KPK bersama suaminya, Hasan Aminuddin beserta 20 orang lainnya.

Diketahui, Hasan Aminuddin yang juga Mantan Bupati Probolinggo dua periode dan saat ini sebagai anggota DPRD RI.

Atas kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) telah melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait kondisi di Kabupaten Probolinggo. Guna menghindari kekosongan pemerintahan, maka Pemprov Jatim menyiapkan pengangkatan Plt Bupati.

Di mana sesuai aturan, Wakil Bupati Probolinggo yang diangkat sebagai Plt Bupati guna mengisi jabatan Puput Tantriana Sari yang kini kosong sementara dirinya menjalani proses hukum.

“Iya, insya Allah nanti sore kami akan menyampaikan SK-nya. SK dari Kemendagri untuk Plt Bupati Probolinggo sudah turun satu jam yang lalu,” kata Gubernur Khofifah pada SURYA.CO.ID.

Pasalnya, sejak Puput Tantriana Sari ditangkap KPK, Pemprov Jatim memang segera menyiapkan langkah-langkah strategis guna menghindari kekosongan pemerintahan di Kabupaten Probolinggo.

Pemprov Jatim sempat menunggu penetapan status 1 x 24 jam setelah penangkapan. Jika dinyatakan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan, maka memang harus dilakukan pengangkatan Plt dengan atas izin dari Kementerian Dalam Negeri.

Hal serupa juga dijelaskan oleh Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Setdaprov Jatim, Jempin Marbun pada SURYA.CO.ID.

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini biasanya keputusan izin untuk SK Plt Bupati memang cepat.

“Karena kondisinya seperti ini, jadi serba cepat terbitnya SK tersebut. Karena tujuannya untuk jangan sampai ada kekosongan pemerintahan di Kabupaten Probolinggo. Maka rencananya nanti sore Ibu Gubernur akan menyerahkan SK tersebut,” tegas Jempin.

Status Plt Bupati untuk Timbul Prihanjoko berlaku sampai dilantiknya bupati definitif untuk sisa masa jabatan 2018-2023.

Sedangkan untuk Puput Tantriana Sari masih akan berstatus Bupati Probolinggo hingga putusan persidangan berstatus inkrah atau bersalah dan dihukum.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved