Breaking News:

PLN

Lestarikan Budaya, PLN Peduli Salurkan Bantuan untuk Desa Perajin Bambu di Banyuwangi

PT PLN (Persero) UIP JBTB melalui PLN Peduli menyalurkan bantuan untuk pengembangan Kampung Bambu Papring di Kelurahan Kalipuro, Banyuwangi.

Editor: Parmin
Foto:PLN UIP JBTB
Seorang perajin bambu di Kampung Bambu Papring di Kelurahan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi yang mendapat bantuan dari PT PLN (Persero) UIP JBTB melalui PLN Peduli. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pemanfaatan bambu di Indonesia dapat dikategorikan sebagai hal tradisional.

Di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Kelurahan Kalipuro, terdapat masyarakat yang sejak dulu menjadikan bambu sebagai bahan keperluan penunjang hidup, mulai dari membuat rumah hingga perabotan rumah tangga.

Hingga kini, masyarakat di daerah tersebut, yang lebih dikenal dengan Kampung Bambu Papring, menjadikan bambu sebagai kerajinan bernilai jual.

Sebagai bentuk dukungan kepada penggunaan bambu, PT PLN (Persero) UIP JBTB melalui PLN Peduli menyalurkan bantuan untuk pengembangan Kampung Bambu Papring agar dapat lebih mengembangkan keterampilan perajin.

Karena walau pesanan tetap ada meski dalam jumlah terbatas, jumlah perajin semakin berkurang.

Pemanfaatan bambu di industri kreatif kembali marak, baik sebagai wadah makanan besek, piring bambu, tempat souvenir, maupun peralatan rumah tangga dengan tema etnik.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Team TJSL PLN Peduli UIP JBTB kepada Widie Nurmahmudy, Ketua Kampoeng Batara pada Jumat (27/8/2021).

Bantuan dengan total Rp 145 juta  diberikan dalam bentuk bangunan galeri dan gudang penyimpanan produksi sekaligus pelatihan keterampilan untuk mengedukasi masyarakat agar kembali bergabung menjadi perajin.

Senior Manager Perijinan, Pertanahan dan Komunikasi, Ratih Kusuma Dewi, menjelaskan bantuan diberikan PLN sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap perkembangan ekonomi warga melalui pemberdayaan keterampilan masyarakat di wilayah perusahaan.

“Bantuan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Harapannya dengan potensi keterampilan warga yang sudah turun temurun dapat dilestarikan."

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved