Breaking News:

Berita Lamongan

Jadi Sekda Lamongan, Nalikan Harus Konsolidasikan Semua Elemen untuk Wujudkan Program Kerja Bupati

Salah satu yang akan diperkuat sebelum berjalannya program, adalah menempatkan orang-orang yang kompeten di beberapa posisi yang kosong

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (kanan) berjabat tangan dengan Sekda Lamongan yang baru, M Nalikan usai pelantikan di Pendopo Lokatantra, Jumat (27/8/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Pemkab Lamongan akhirnya memiliki Sekretaris Kabupaten (Sekkab), atau Sekda baru setelah dilantiknya Moh Nalikan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, Jumat (27/8/2021).

Pelantikan yang bersamaan momen Jumat berkah itu dilakukan di Pendopo Lokatantra, tanpa kendala. Namun banyak tugas berat menumpuk yang harus ditangani Sekda Lamongan tersebut.

Selain harus bekerja sesuai visi misi kepala daerah dalam mewujudkan program pembangunan, sekda harus bisa menyatukan semua elemen. "Tupoksi seorang sekda, salah satunya adalah mensinkronkan dari seluruh perangkat yang ada," kata Nalikan kepada wartawan usai dilantik.

Yang dimaksud Nalikan, ia akan segera berkonsolidasi dengan semua pihak di pemda agar satu visi misi guna menyelaraskan dengan program kerja bupati.

"Nantinya semua harus dirumuskan bahwa semua OPD harus linier dan tegak lurus untuk mewujudkan kejayaan Lamongan. Jadi sekarang kita fokus bagaimana mewujudkan kejayaan itu," ungkapnya.

Nalikan menegaskan bahwa Pilkada sudah selesai, sekarang saatnya bekerja dan bagaimana visi dan misi diwujudkan lewat RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah).

Dibayangi kekurangan finansial di sana sini meski RAPBD juga hampir selesai, namun sekda harus bisa memimpin terwujudnya program-program pembangunan itu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Sekda Lamongan itu disaksikan oleh Sekda Kabupaten Jombang, Ahmad Jazuli; Sekda Kabupaten Tuban, Budi Wiyana; dan Sekda Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah. Serta Kepala Subdit Wilayah II Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Rozi Beni.

Setelah melantik Nalikan, Bupati Yuhronur menyampaikan beberapa pesan kepada mantan Asisten Tata Praja itu. Ia meminta Nalikan mengemban tugas secara amanah, adil dan tegas.

"Saya berharap saudara Nalikan dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya. Karena Sekkab (Sekda) adalah seorang dirigen yang mengatur harmoni kerja seluruh instansi, menerjemahkan seluruh aturan pemerintah pusat dan ketentuan-ketentuan lain dari kementrian maupun departemen lainnya," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved