Breaking News:

Berita Lamongan

Selalu Satu Visi Dengan Bupati, Moh Nalikan Mendapat Amanah Sebagai Sekda Lamongan Yang Baru

Nalikan menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) dan pemilihannya sebagai Sekda Lamongan itu disetujui Mendagri.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Moh Nalikan akan dilantik sebagai Sekda atau Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamongan, Jumat (27/8/2021) pagi. 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Beberapa bulan mengalami kevakuman, posisi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamongan, atau biasa disebut Sekretaris Daerah (Sekda), segera terisi. Dan yang mendapat amanah untuk menjadi pembina Korpri Lamongan adalah Moh Nalikan, yang dijadwalkan dilantik, Jumat (27/8/2021).

Pelantikan Nalikan sebagai Sekda Lamongan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi itu akan digelar di Pendopo Lokatantra Pemkab Lamongan pukul 09.00 WIB.

Selama ini Nalikan  merupakan Asisten Tata Praja sekaligus menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) dan pemilihannya sebagai Sekda Lamongan itu telah disetujui Mendagri.

"Betul, Jumat (27/8/2021) pukul 09.00 WIB akan dilantik di Pendopo Lokatantra," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Bambang Hadjar saat dikonfirmasi SURYA, Kamis (26/8/2021).

Ditambahkan Bambang, persetujuan dan pengangkatan Nalikan dari Mendagri sebagai Sekda Lamongan sudah turun, Selasa (24/8/2021). Pemilihan Nalikan itu diajukan oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi melalui Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

"Jadi surat persetujuan dan pengajuan pengangkat ke Mendagri sudah turun pada Selasa kemarin," tambahnya.

Sekedar diketahui, semula ada 5 orang yang mencalonkan diri sebagai Sekda dan dari hasil seleksi mengerucut menjadi 3 nama. Kelima kandidat saat itu bahkan telah menuntaskan seluruh tahapan seleksi meliputi, seleksi administrasi, seleksi kompetensi manajerial dan seleksi kompetensi bidang.

Dari hasil seleksi tersebut, Panitia seleksi (Pansel) penerimaan Calon Sekretaris Daerah Lamongan telah menentukan 3 nama yang berada di peringkat tertinggi untuk diajukan kepada Bupati Lamongan.

Namun Nalikan yang kemudian dipercaya bupati, sehingga dua nama lainnya yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, drg Fida Nuraida dan Sekretaris DPRD Lamongan, Aris Wibawa, terpental dari pencalonan.

Saat itu banyak kalangan yang memprediksi Nalikan yang akan menduduki jabatan Sekda Lamongan. Ada berbagai alasan mengapa mereka lebih merujuk Nalikan. Ia dianggap cocok untuk mendampingi Bupati Yuhronur, karena selama ini selalu satu visi.

Sementara Bupati Yuhronur mengatakan, yang mendapatkan amanat untuk menduduki jabatan Sekda Lamongan, akan dapat berjalan beriringan untuk mewujudkan visi dan misi yang diusungnya bersama Wabup KH Abdul Rouf.

Ia berharap pemegang kendali keuangan daerah itu bisa bekerja searah dan paham dengan visi dan misi kepala daerah. "Dan yang penting ada kemampuan kapasitas, kapabilitas dan berkualitas," tegas bupati.

Seperti diberitakan sebelumnya, pendaftaran seleksi Sekkab Lamongan telah dibuka sejak tanggal 7 sampai 13 Juli lalu dan hasilnya ada 5 pejabat yang mendaftarkan diri.

Setelah melewati sejumlah tahapan seleksi, ada dua nama yang gugur yaitu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lamongan, Anang Taufik dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lamongan, Moh Fahrudin Ali Fikri. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved