Breaking News:

Berita Gresik

Bupati Gresik Komitmen Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

Bank sampah menerima hadiah mesin pencacah sampah karena sukses mengelola sampah dan meningkatkan ekonomi nasabahnya.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Titis Jati Permata
tribun jatim/willy abraham
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyerahkan hadiah kepada Ketua Asosiasi Bank Sampah, Senin (23/8/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Langkah nyata mengurangi sampah plastik akan dijalankan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Komitmen ini disampaikan saat memberikan penghargaan kepada Siti Fitriah ketua asosiasi Bank Sampah Gresik pada Senin kemarin.

Selain penghargaan, Siti Fitriah juga menerima hadiah laptop, printer dan seperangkat meja kursi Penghargaan juga diterima bank sampah Gemes Sekardadu kelurahan Ngargosari Kecamatan Kebomas.

Bank sampah menerima hadiah mesin pencacah sampah karena sukses mengelola sampah dan meningkatkan ekonomi nasabahnya.

“Kita harus memulai untuk pengelolaan sampah dan mengurangi penggunaan sampah plastic. Kita awali pengurangan sampah di lingkungan kantor Pemkab Gresik ini, selanjutnya kekantor OPD dan kantor kantor yang lain kemudian pada kantor kecamatan bahkan kantor desa," kata Bupati usai memberikan penghargaan sebelum Rakor Forkopimda, Senin (23/8/2021).

Terkait kebijakan Bupati mengurangi sampah plastik, Kepala bagian humas dan Protokol Reza Pahlevi mengatakan, sesuai data Kementerian Lingkungan Hidup ada 9,85 miliar lembar sampah kantong plastik dihasilkan setiap tahun dan mencemari lingkungan selama lebih dari 400 tahun.

“Hanya 5 persen sampah kantong plastik yang bisa didaur ulang, sisanya menguasai hampir 50 persen lahan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan butuh lebih dari 100 tahun untuk terurai,” terangnya, Selasa (24/8/2021).

Cara mengurangi sampah plastik dilingkungan kantor diantaranya membawa bekal makanan dari rumah, membawa tempat minum sendiri, makan dengan menyiapkan peralatan makan, membawa tas yang tidak sekali pakai (bukan kresek), Kurangi konsumsi kopi dan minuman kemasan tentunya mengelola sampah plastik dengan baik.

Seperti yang disampaikan Bupati untuk pengurangan sampah plastic di kantor Pemkab Gresik agar ASN membawa botol minum dan tempat makan yang bisa digunakan berulang kali demi menyukseskan upaya tersebut.

“Mulai dari sekarang dan seterusnya kita harus menghindari penggunaan sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan," ucapnya.

BACA BERITA GRESIK LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved