Breaking News:

Ada Sinovac dan AstraZeneca, Ini 6 Jenis Vaksin Resmi yang Diakui WHO

Vaksin yang beredar di dunia saat ini telah memiliki izin beredar telah melewati berbagai pengujian untuk menjamin keamanan dan efektifitasnya.

Penulis: Akira Tandika Paramitaningtyas | Editor: Musahadah
Shutterstock by aslysun
Ada Sinovac dan AstraZeneca, Ini 6 Jenis Vaksin Resmi yang Diakui WHO 

SURYA.CO.ID - Selama pandemi COVID-19, berbagai program di bidang kesehatan dijalankan berdasarkan keputusan atau anjuran yang dikeluarkan oleh WHO. Salah satunya adalah mengenai vaksinasi.

Jenis vaksin yang beredar saat ini sudah lolos seleksi oleh WHO. Oleh karena itu, vaksin-vaksin yang memiliki izin dan beredar telah melewati berbagai pengujian untuk menjamin keamanan dan efektifitasnya.

Namun sebelumnya, perlu diketahui mengenai apa itu vaksinasi dan jenis yang kini beredar dan telah mendapat izin dari WHO.

Mengenal Vaksinasi

Vaksinasi adalah pemberian antigen yang bertujuan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi (imunitas).

Vaksinasi menjadi salah satu upaya pencegahan primer yang telah digunakan untuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus.

Ketika vaksin masuk ke dalam tubuh, komponen di dalam vaksin akan dikenali oleh sel tubuh sebagai benda asing yang harus dimusnahkan.

Setelah itu, sel akan memberikan sinyal kepada sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi. Setelah antibodi terbentuk, tubuh telah belajar mengenai virus tersebut dan bagaimana cara menghancurkannya.

Oleh karena itu, apabila seseorang terinfeksi virus yang sama di kemudian hari, sistem kekebalan tubuh sudah mengenali virus tersebut dan bisa langsung menghancurkannya.

Hal ini akan menyebabkan menurunnya kemungkinan terjadinya gejala yang berat ketika terinfeksi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved