Breaking News:

Stop Kebiasaan Goyang Motor atau Mobil saat Isi BBM di SPBU, Ternyata Berbahaya !

Sebab, ada anggapan bahwa dengan menggoyang-goyangkan mobil, BBM yang sedang diisi ke dalam tangki dapat terisi dengan rata atau benar-benar penuh.

Editor: Rahadian Bagus
(INSTAGRAM)
Tangkapan layar unggahan isi bensin sambil mengoyangkan mobil(Instagram) 

SURYA.CO.ID|SURABAYA - Mungkin ada sebagian dari kita pernah melihat atau bahkan melakukan ini, menggoyang-goyangkan motor atau mobil saat mengisi bahan bakar di SPBU.

Sebab, ada anggapan bahwa dengan menggoyang-goyangkan mobil, BBM yang sedang diisi ke dalam tangki dapat terisi dengan rata atau benar-benar penuh.

Baru-baru ini, sebuah video yang merekam mobil digoyang-goyangkan ketika mengisi bensin di SPBU, viral di media sosial Instagram, Rabu (18/8/2021).

Video yang diunggah akun @makasar_info, tampak antrean kendaraan yang akan mengisi bensin di sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum.

Seorang pemilik mobil menggoyang-goyangkan mobilnya dengan penuh tenaga saat proses pengisian bensin.

Berbagai komentar mewarnai unggahan itu. Ada yang menyoroti tindakan menggoyangkan mobil saat pengisian bahan bakar.
"Mungkin maksudnya biar full bisa kepake sampai akhirat," tulis sebuah akun. "Itu kayaknya dia cuci sampai akar-akarnya tempat penyimpanan bensinnya," tulis akun lainnya.

Dilansir dari kompas.com, Dosen Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada, Jayan Sentanuhady, mengingatkan, menggoyangkan mobil saat pengisian bensin, berbahaya.

"Berbahaya. Mengisi bahan bakar enggak perlu digoyang-goyang," kata Jayan kepada Kompas.com, Jumat (20/8/2021).

Ia mengatakan, bensin merupakan bahan bakar fasenya liquid. Oleh karena itu, dengan sendirinya akan berada di bawah dan udara di tangki akan keluar sendiri.

Menurut Jayan, sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kebakaran.

"Bisa, karena nozzel bensin bisa bergesekan dengan bibir lubang isi bahan bakar. Jika terjadi gesekan seperti itu maka berpotensi memercikkan api," kata dia.

Jayan menekankan, tak hanya mobil, hal yang sama juga berlaku untuk pengisian bensin sepeda motor.

Mengisi bensin dengan cara menggoyangkan mobil atau motor tidak membuat kendaraan terisi bensin lebih penuh.

"Kan cairan dengan sendirinya bisa mengisi ke semua bentuk dan lekuk tangki mobil/motor, kalau dengan menggoyang-goyang berharap isinya lebih compact itu tidak mungkin, karena liquid densitasnya pada kondisi lingkungan," kata Jayan.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved