Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Presiden Joko Widodo Minta Mentan Seriusi Pengembangan Olahan Porang di Madiun

Presiden Jokowi mengatakan, pengolahan porang di Pabrik PT Asia Prima Kojac ini memberikan nilai tambah yang baik, utamanya bagi para petani.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Humas Pemprov Jatim
Presiden Joko Widodo didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan Porang milik PT Asia Prima Konjac di Kabupaten Madiun, Kamis (19/8/2021). 

SURYA.CO.ID, MADIUN - Rangkaian kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Madiun diakhiri dengan kunjungan ke pabrik pengolahan Porang milik PT Asia Prima Konjac, Kamis (19/8/2021).

Didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Presiden Jokowi berkeliling pabrik dan melihat langsung proses pengolahan porang.

Tidak hanya itu, di kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga melakukan groundbreaking dalam rangka perluasan pabrik pengolahan porang.

Pabrik PT Asia Prima Konjac yang berada di Jalan Raya Caruban-Ngawi, Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo merupakan satu-satunya pabrik porang di Madiun.

Presiden Jokowi mengatakan, pengolahan porang di Pabrik PT Asia Prima Kojac ini memberikan nilai tambah yang baik, utamanya bagi para petani.

“Menurut saya dari pengolahan yang ada di sini ini memberikan nilai tambah yang baik utamanya pada petani. Tadi saya tanya per hektar bisa menghasilkan 15-20 ton, hasilnya permusim tanam pertama bisa sampai Rp 40 juta dalam kurun waktu 8 bulan,” kata Presiden Jokowi.

Sebagai diketahui porang merupakan tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Sementara, PT Asia Prima Konjac di Madiun, siap menampung hasil panen petani porang dari seluruh Indonesia. Dalam setahun pabrik itu mendapat 20 ribu ton porang.

“Ini sebuah nilai yang sangat besar. Dan pasarnya juga masih terbuka lebar. Dan kita tau porang akan menjadi makanan masa depan karena low calori, low carbon dan bebas kadar gula. Sehingga ini jadi makanan sehat ke depan. Ini juga bisa jadi pengganti beras yang lebih sehat karena kadar gulanya sangat rendah,” tegasnya.

Lebih lanjut Presiden Jokowi juga meminta pada Menteri Pertanian agar betul betul menyeriusi pengembangan komoditas porang ini.

"Saya tadi sudah menyampaikan kepada Menteri Pertanian untuk betul-betul kita seriusi komoditas baru ini komoditas porang," ujar Presiden.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved