Breaking News:

Berita Banyuwangi

Puluhan Sekolah di Banyuwangi Sudah Memulai Pembelajaran Tatap Muka, Satgas Lakukan Pemantauan

Puluhan sekolah tingkat PAUD, SD dan SMP di Banyuwangi, telah memulai Pembelajaran Tatap Muka.

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Haorrahman
Anggota TNI AD Kodim 0825 Banyuwangi melakukan penyemprotan disinfektan di sekolah. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Puluhan sekolah tingkat PAUD, SD dan SMP di Banyuwangi, telah memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

Dalam pelaksanaannya, proses belajar dilakukan dengan dua metode. Sebagian murid mengikuti pembelajaran secara langsung, sedangkan lainnya dari rumah secara daring secara bergantian.

Sekitar 30 persen sekolah di Banyuwangi yang memulai PTM terbatas. Sisanya pihak sekolah masih melakukan persiapan agar sesuai dengan prosedur yang ditetapkan Satgas setempat.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengatakan, Satgas telah menyetujui adanya PTM di beberapa sekolah dengan syarat tertentu.

Kebijakan ini diambil setelah adanya instruksi Pemerintah Pusat dan penurunan level PPKM di Banyuwangi dari level 4 menjadi level 3.

"Ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 30 tahun 2021 dan surat edaran dari satgas Covid-19 kabupaten Banyuwangi nomor 054/SE/STPC/2021 yang memperbolehkan pembelajaran dengan syarat tertentu," kata Eko, Rabu (18/8/2021).

"Di lingkungan sekolah itu juga wajib berada pada zona rendah Covid-19. Mendapatkan persetujuan dari orang tua, komite sekolah hingga Satgas Covid-19 Kecamatan. Sekolah juga dilarang untuk mengadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan," katanya.

Selain wajib prosedur pencegahan penularan Covid-19, siswa yang bersekolah wajib mengantongi izin dari wali murid.

Pria yang juga menjabat sebagai Dandim 0825 Banyuwangi ini menambahkan, dalam PTM ini Satgas memiliki peran memberikan pendampingan dan edukasi kepada guru, orang tua, peserta didik hingga masyarakat di lingkungan sekolah tentang penerapan protokol kesehatan.

Seperti di SD yang menggelar PTM adalah SDN 2 Tukangkayu Banyuwangi. Proses pembelajaran tatap muka hari ini hanya diikuti oleh separuh dari siswa tiap kelas. Pihak sekolah diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum masuk kedalam kelas, para murid diwajibkan mencuci tangan dan harus memakai masker.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved