Breaking News:

Parpol Ramai-ramin bikin Posko Covid, Pengamat: Rakyat Butuh Kiprah Nyata Parpol saat Pandemi

Pengamat politik UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Andri Arianto mengatakan kini masyarakat membutuhkan kiprah nyata partai politik menghadapi pandemi.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Parmin
surya.co.id/nuraini faiq
Pengamat politik dari UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Andri Arianto. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengamat politik UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Andri Arianto, mengatakan saat ini masyarakat membutuhkan kiprah nyata partai politik dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Peran parpol itu menjadi kunci bila partai ini ingin tetap eksis dan mendapat simpati dari masyarakat.

Sudah lebih dari 1,5 tahun bangsa ini berjuang bersama memutus pandemi Covid-19.

"Kita berjuang menyelamatkan jiwa serta membangkitkan ekonomi. Pandemi ini harus menyadarkan kita, jika ingin sehat dan selamat, maka perlu kerja sama lintas suku, lintas agama, lintas ras, lintas golongan, serta lintas ideologi politik,” ujar Andri, Rabu (18/8/2021).

Dia menjelaskan, selama ini ada kecenderungan masyarakat hanya mengingat tentang partai politik ketika musim kampanye pemilu.

Namun, dengan keadaan pandemi ini, peran dan fungsi partai politik dipertanyakan. Di tengah situasi masyarakat yang menjepit seperti menghadapi PHK, hilangnya peluang kerja, krisis pangan hingga ancaman keselamatan jiwa, maka parpol harus hadir membantu rakyat.

”Partai politik wajib mempunyai langkah konkrit, nyata, untuk mendampingi masyarakat di masa sulit ini. Jika ingin mendapat dukungan suara."

"Isu dan langkah parpol jangan tercerabut dari akar masalah rakyat, yaitu masalah kesehatan dan ekonomi, termasuk bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-hari warga,” jelas dosen muda ini.

Andri menilai langkah PDIP Kota Surabaya yang membuat gerakan Posko-Posko Gotong Royong di tengah masyarakat menjadi kredit poin. Partai ini menjawab kebutuhan warga di tengah pandemi.

Posko-posko PDIP itu membagikan bahan makanan atau makanan sehat siap santap kepada warga yang membutuhkan.

Juga diberikan bantuan masker, hand sanitazer, serta penyuluhan tentang Covid-19 kepada warga masyarakat.

”Parpol harus memberikan harapan dan optimisme. Kekuasaan yang diamanahkan masyarakat, selalu digunakan untuk tetap memotivasi dan memberi inspirasi keteladanan," kata Andri.

Partai politik harus lebih memantapkan prinsip jiwa gotong-royong. Menumbuhkan solidaritas dan kemanusian di tengah pandemi.

“Parpol harus mampu menjaga keberlangsungan kesejahteraan masyarakat. Serta mampu menjaga persatuan, dan tidak menjadikan masyarakat terpecah-belah,” kata Andri. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved