Pemprov Jartim

Khofifah Pastikan Tarif Tes PCR di Lab, Klinik, dan RS di Jatim telah Sesuai Arahan Presiden

Gubernur Khofifah memastikan tarif Tes PCR di Laboratorium, Klinik, dan Rumah Sakit di Jatim telah Sesuai Arahan Presiden.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Parmin
surya.co.id/fatimatuz zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengecek penyesuaian harga tes PCR di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya, Rabu (18/8/2021). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Gubernur Khofifah memastikan seluruh laboratorium dan rumah sakit menerapkan harga standar untuk tes PCR deteksi covid-19. 

Secara khusus hari ini, Rabu (18/8/2021), ia datang mengecek Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya untuk memastikan bahwa harga tes PCR sudah turun sesuai standar yang diminta Presiden RI Joko Widodo.

Di laboratorium tersebut dipastikan bahwa harganya sudah turun. Saat ini biaya tes PCR di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya adalah Rp 480.000. 

Sedangkan untuk harga swab antigen Rp 190.000 dengan hasil keluar satu jam setelah pengambilan sampel. Dan harga tes antigen RBD dengan hasil di hari yang sama adalah Rp 150.000. 

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa satu per satu tempat tes covid-19 mulai menyesuaikan harga sesuai dengan ketentuan yang diperintahkan pemerintah yaitu untuk PCR adalah antara Rp 450 ribu - Rp 550 ribu. 

“Hari ini kami meninjau langsung. Dan Alhamdulillah kurang dari 24 jam satu per satu klinik, maupun Laboratorium di Jatim mulai melakukan penyesuaian tarif RT-PCR sesuai arahan Presiden maksimal Rp 495.000,” kata Khofifah.

Ia menjelaskan bahwa tarif yang ditentukan tersebut berlaku untuk semua masyarakat yang memeriksanaan diri secara mandiri atau sendiri. Dengan adanya penurunan ini, ia berharap agar semua segera melakukan penyesuaian harga. 

Khofifah dan juga Satgas Covid-19 Jawa Timur juga akan melakukan pengawasan langsung guna memastikan bahwa seluruh klinik, laboratorium dan juga rumah sakit yang melayani jasa tes PCR sudah mengikuti aturan batas maksimal harga tes yang telah ditentukan.

“Saya akan memantau secara berkelanjutan faskes-faskes penyedia layanan PCR lainnya untuk segera melakukan penyesuaian tarif."

"Semoga kebijakan ini bisa semakin mempercepat testing guna menekan penyebaran covid-19,” tegas Khofifah.

Tak hanya melakukan kontrol harga, namun saat mengunjungi Laboratorium di Surabaya tersebut Khofifah juga meninjau mekanisasi pengolahan sampel di dalam lab. Ia juga menyapa masyarakat yang tengah antri melakukan tes.

Sebab dengan harga tes yang terjangkau, masyarakat yang menghendaki tes mandiri bisa segera melakukan tes. Jika tes berjalan lancar dan cepat maka tracing juga akan bisa berjalan. 

“Saya juga minta Dr Kohar dan Dr Ilham untuk ikut memantau lab lab di Jatim sudah menyesuaikan harga. Karena Pak Presiden pesan kurang dari 24 jam,” tegas Khofifah.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved