Breaking News:

Setiap Hari Harus Zoom Meeting, Begini Cara Agar Hemat Kuota Internet

Seperti halnya panggilan menggunakan aplikasi lainnya, penggunaan aplikasi Zoom Meeting juga membutuhkan data internet.

Editor: Rahadian Bagus
Foto:stie perbanas surabaya
ILUSTRASI - Suasana International Conference Business and Banking Innovations (ICOBBI) 2020 yang digelar secara daring melalui Zoom Meeting, Jumat (14/8/2020). 

SURYA.co.id - Sejak pandemi Covid-19, aplikasi Zoom Meetings banyak dipakai masyarakat untuk melakukan pertemuan tatap muka secara daring. Di antarnya, pada saat rapat kerja, kuliah, hingga digunakan para guru dan pelajar sekolah.

Seperti halnya panggilan menggunakan aplikasi lainnya, penggunaan aplikasi Zoom Meeting juga membutuhkan data internet. Semakin lama durasi menggunakan Zoom, kuota data yang dihabiskan juga semakin besar.

Untuk menekan penggunaan kuota data, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selama menggunakan Zoom. Berikut ini adalah cara menghemat kuota saat menggunakan Zoom sebagaimana dilansir dari KompasTekno.

Untuk mengurangi penggunaan data internet, langkah pertama yang dapat dilakukan yakni dengan mematikan kamera saat sedang berlangsung. Tentu saja, cara ini dapat dilakukan ketika sedang mengikuti rapat atau sesi Zoom Meeting yang sekiranya tidak terlalu resmi.

Untuk mematikan kamera, pilij opsi "Turn Off Camera" ketika awal bergabung ke dalam ruang rapat. Jika anda menjadi host, anda juga dapat menonaktifkan fungsi kamera partisipan lain untuk mengurangi koneksi internet yang terpakai.

Langkah berikutnya, matikan kualitas video HD. Sebab, tampilan video dalam resolusi HD (High Definition) dapat menguras kuota internet.

Cara untuk menonaktifkan kualitas video HD saat bergabung di dalam rapat yakni klik menu "Settings" atau Pengaturan
Lalu pilih opsi "Video" yang berada di sebelah kiri menu Pengaturan. Pada bagian "My Video", nonaktifkan centang pada kolom opsi "Enable HD"

Berikutnya, gunakan fitur Share Screen hanya jika dibutuhkan. Pastikan untuk berhenti membagikan layar (sharing screen) ketika tidak perlu lagi menampilkan presentasi.

Anda juga bisa meminta partisipan lain untuk mematikan opsi berbagi layar ketika presentasi sudah selesai.

Selanjutnya, manfaatkan platform dokumen online. Pengguna bisa memanfaatkan platform dokumen online apabila ingin membagikan sesuatu, misalnya presentasi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved