Berita Surabaya

Selama Masa Pelaksanaan PPKM, Disebut Jumlah Penumpang Suroboyo Bus Turun Drastis

Dishub Kota Surabaya mencatat, jumlah penumpang Suroboyo Bus mengalami penurunan drastis di tengah penerapan PPKM Darutat maupun Level 4

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi - Suroboyo Bus meluncur di kawasan Jalan Darmo Surabaya. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya mencatat, jumlah penumpang Suroboyo Bus mengalami penurunan drastis di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat maupun Level 4 di Kota Pahlawan.

Berdasarkan data yang dihimpun SURYA.CO.ID, mulai tanggal 1 - 13 Juli 2021, total penumpang Suroboyho Bus sebanyak 11.608 orang. Kemudian, pada tanggal yang sama di bulan Agustus 2021, total penumpang menurun menjadi 6.378 orang. Dengan kata lain, selisih penumpang dalam dua bulan tersebut mencapai 5.230, atau persentasenya 45 persen

Kepala UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Dinas Perhubungan Surabaya, Franki Yuanus mengatakan, total armada Suroboyo Bus berjumlah 20 armada. Selama PPKM, hanya 14 armada saja yang masih beroperasi.

"Bahkan pada saat PSBB lalu cuma 10 armada. Karena ada pembatasan jalan dan jam kerja. Kemudian ada PPKM, Bundaran Waru dibuka, mal juga kembali beroperasi kami tambah jadi 14 armada," ujar Franki, Sabtu (14/8/2021).

"Untuk jam operasional di atas jam 9 masih ada. Jam 10 baru pulang. Kalau PSBB dulu, beroperasi sampai jam 5 sore," sambungnya

Yang jelas, kata Franki, pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayanan penyediaan transportasi. Meskipun mengalami pengurangan kapasitas sebanyak 50 persen.

"Harapannya, kalau secara global semoga Covid-19 segera hilang. Semua aspek berjalan normal, khususnya transportasi, bisa normal dan bersinergi satu sama lain. Demi pemulihan ekonomi serta hajat hidup semua orang," ucapnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, nantinya ada pengembangan rute baru dan alternatif pembayaran yang sedang dirampungkan.

"Rute ke barat nanti ada lagi. Seperti ke Wiyung, rute-rute baru juga nantinya bertahap. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan Suroboyo Bus bisa dicek di Aplikasi Go Bis," tandas Franki.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved