Breaking News:

Advertorial

Kementan Gelar Merdeka Ekspor, Jawa Timur Sumbang Rp 1,3 Triliun

#MerdekaEkspor secara serentak dilakukan dari 17 pintu #MerdekaEkspor baik pelabuhan laut dan bandar udara di 17 provinsi

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Titis Jati Permata
tribun jatim/fikri firmansyah
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat memimpin kegiatan #MerdekaEkspor di Jatim, yang diselenggarakan di TPS Surabaya, Sabtu (14/8/21). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Sebagai bagian dari momentum Hari Kemerdekaan RI, Kementan menyelenggarakan #MerdekaEkspor pada 14 Agustus 2021.

Selain bentuk apresiasi bagi pelaku usaha di bidang agribisnis, #MerdekaEkspor diharapkan dapat menambah semangat petani dan pemangku kepentingan pertanian nasional.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kegiatan #MerdekaEkspor secara serentak dilakukan dari 17 pintu #MerdekaEkspor baik pelabuhan laut dan bandar udara di 17 provinsi dengan tujuan 61 negara.

"Ini tentunya menjadi momentum yang baik bagi setiap daerah untuk ekspor berbagai produk pertanian unggulan masing-masing, tak terkecuali Jawa Timur (Jatim). Sebuah kebanggaan bagi Jatim, yang mana di hari ini juga, Jatim turut berkontribusi secara nyata pada gelaran #MerdekaEkspor," ujar Mentan saat memimpin kegiatan #MerdekaEkspor di Jatim, yang diselenggarakan di TPS Surabaya, Sabtu (14/8/21).

Mentan menjelaskan, kontribusi ekspor Jatim dalam ikut serta di gelaran #MerdekaEkspor ini mencapai Rp. 1,3 triliun.

"Provinsi Jawa Timur menyumbang sebesar 1,3 Triliun, yang mana berasal dari komoditas ekspor kopi, susu dan produknya, sarang burung walet dan lainnya. Adapun untuk tujuannya menuju ke 15 negara seperti Yordania, Rusia, Timor Leste dan negara-negara lainnya," jelasnya.

Mentan juga mengatakan, kegiatan #MerdekaEkspor yang secara serentak dilakukan dari 17 pintu ini tentunya jadi momentum bagi setiap daerah untuk ekspor berbagai produk pertanian unggulan masing-masing.

"Terlebih, nilai ekspor pada #MerdekaEkspor kali ini diperkirakan mencapai Rp 7,29 triliun dengan volume 627,39 ribu ton, berasal dari subsektor perkebunan, tanaman pangan, hortikultura dan peternakan," sambung dia.

Mentan menambahkan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, kinerja ekspor pertanian terus meningkat.

Kata dia, pada tahun 2020, ekspor pertanian mencapai Rp450,79 triliun atau meningkat 15,54% dibandingkan tahun 2019.

"Sementara pada periode Januari-Juli 2021, nilai ekspor pertanian mencapai Rp277,95 triliun atau meningkat 40,2% dari periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp198,13 triliun," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved