Breaking News:

Dokter di Jepang Obati Pasien Covid-19 Pakai Ivermectin dan Banyak yang Sembuh, Apa Efek Sampingnya?

Dokter di Jepang menyarankan pasien Covid-19 awal menggunakan Ivermectin sebagai obat penangkal virus corona. Rupanya, banyak pasien sembuh.

Editor: Iksan Fauzi
SHUTTERSTOCK/Novikov Aleksey
Ilustrasi obat ivermectin memunculkan pro-kontra dalam penggunaannya sebagai obat terapi Covid-19. WHO, FDA dan badan otoritas obat di sejumlah negara masih belum izinkan atau rekomendasikan ivermectin sebagai obat Covid-19, karena obat ini bukan obat anti virus. 

SURYA.co.id | TOKYO - Dokter di Jepang menyarankan pasien Covid-19 awal menggunakan Ivermectin sebagai obat penangkal virus corona. Rupanya, banyak pasien sembuh.

Ivermectin sejatinya obat cacing untuk menangkal parasit di dalam tubuh. Efek obat ini terlihat ringan, namun efek samping Ivermectin lainnya bahaya bagi penderita liver.

Sehingga, penggunaan Ivermectin untuk pengobatan pasien Covid-19 tidak boleh asal-asalan, harus ada rekomendasi dokter. 

Di Jepang, sejumlah pakar merekomendasikan Ivermectin untuk pengobatan pasien Covid-19. Beberapa di antaranya, Dr Kazuhiro Nagao (63) Chairman perusahaan medis Yuwakai, direktur (Kepala) Klinik Nagao Amagasaki.

Ada juga prefektur Hyogo dan profesor tamu di Universitas Studi Internasional Kansai sangat merekomendasikan Ivermectin sebagai obat menyembuhkan pasien awal yang terkena infeksi corona.

"Keadaan medis kita saat ini dalam keadaan hampir kritis dan banyak pasien belum bisa tertampung di dalam rumah sakit. Bagi pasien yang awal terkena corona sangat direkomendasikan minum obat Ivermectin. Saya sudah mencoba ke banyak pasien saya dan sembuh," papar Dr. Nagao siang ini (12/8/2021) di NTV.

Profesor Nagao juga melihat obat Ivermectin sebagai salah satu solusi di antara banyak upaya untuk menekan semakin banyaknya orang terinfeksi corona dan beresiko menjadi berat.

"Pada tahap awal bagus untuk minum obat tersebut. Pasien saya selalu saya berikan obat tersebut, tentu buatan Jepang dan keesokan harinya sembuh. Saya minta mereka melaporkan kepada saya setiap harinya dampak dari obat tersebut dan ternyata bagus, langsung sembuh sehat mereka," lanjutnya lagi.

Selain itu Dr. Nagao juga menghimbau kepada Menteri Kesehatan serta PM Jepang Yoshihide Suga agar obat Ivermectin segera dipromosikan kepada masyarakat agar banyak dipakai kalangan terinfeksi awal corona.

"Selama ini semua pasien saya baik, sembuh tak bermasalah dengan obat tersbeut. Selain itu obat itu juga dijamin serta masuk dalam coverage asuransi di Jepang. Jadi saya rasa tak masalah dan ringan, tak banyak membebani bagi masyarakat Jepang," tambahnya lagi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved