Berita Jember

Terima Masukan dari Warga, Pemkab Mulai Benahi Alun-alun Jember

Pemerintah Kabupaten Jember mulai memperbaiki dan menata Alun-alun Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Pemerintah Kabupaten Jember mulai memperbaiki dan menata Alun-Alun Jember, Jumat (13/8/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mulai memperbaiki dan menata Alun-alun Jember. Alun-alun tersebut merupakan wajah Kabupaten Jember yang juga menjadi penanda area pusat Pemerintahan Kabupaten Jember.

Pemkab Jember menata kawasan tersebut seiring masukan dari warga perlunya perbaikan salah satu ikon wajah Jember tersebut.

Dari pantauan SURYA.CO.ID sejak sebulan terakhir, penataan kawasan itu sudah dimulai. Beberapa pekerjaan sudah terlihat, seperti kawasan jalur pejalan kaki/jalur pelari di sisi barat Alun-alun Jember.

Sebelumnya, di sisi tersebut ditemukan sejumlah lubang dan ubin trotoar terlepas atau copot. Bahkan, beberapa lubang menganga di dekat pohon di kawasan tersebut. Saat SURYA.CO.ID melihat kawasan itu pada Jumat (13/8/2021), ubin jalur tersebut sudah dibenahi.

Ubin di jalur pejalan kaki dan pelari itu memakai batu alam. Area itu kini sedang dicat. Pekerja terlihat sedang mengecat sejumlah pola yang digambar di ubin tersebut. Pola yang dicat antara pola bulat. Warna biru dan hijau menghiasi ubin tersebut.

Pola-pola yang sudah selesai dicat, rupanya menarik minat warga yang sedang berada di Alun-alun Jember. M Sukron, warga Kecamatan Silo bersama istri dan anak balitanya yang berusia 11 bulan memilih mampir Alun-alun Jember setelah membeli obat di sebuah apotek di dekat lokasi tersebut.

"Kalau dihiasi begini, terlihat lebih menarik. Tidak monoton seperti sebelumnya. Saya ini kan alumni SMKN 4 situ (sisi selatan Alun-alun Jember), rasanya dari masa ke masa bupati, Alun-alun ini jarang dibenahi, ya begini-begini saja, monoton. Karenanya dengan dibenahi begini, jadi tidak monoton lagi," ujar Sukron.

Dia beberapa kali terlihat memotret bayinya di pola yang sudah selesai dicat. Sang balita ditaruh di area tengah pola dan ayah ibunya bergantian memotret.

Lebih lanjut, Sukron juga mengharapkan, area wahana bermain anak yang berada di sisi utara kompleks alun-alun untuk dibenahi. Salah satu alasan yang disebutnya, tempat itu tidak ramah anak.

"Tempatnya tidak ramah anak, wahananya banyak yang tidak ramah anak. Beberapa permainan sudah karatan. Terus juga kok saya tidak melihat adanya kamar mandi yang layak. Juga penting, adanya ruang menyusui di tempat bermain anak itu," tegasnya.

Sedangkan warga lain juga mengharapkan perbaikan dan penataan wajah Kota Jember itu dilakukan secara serius dan maksimal. Heri, warga Kecamatan Sumbersari mengharapkan area bermain basket juga dibenahi.

Sementara dari pantauan SURYA.CO.ID, area yang masih sedang dibenahi antara lain penataan ubin trotoar di sisi utara dan timur alun-alun.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved