Breaking News:

Pegadaian Syariah Madura Tumbuh Pesat Layaknya Aceh

Meski hadapi pandemi, bisnis syariah milik PT Pegadaian (Persero) terus tumbuh. Sampai Juni 2021, bisnis Pegadaian syariah naik 7,4 persen yoy

Editor: Rudy Hartono
kompas.com
Aktivitas PT Pegadaian Syariah layani nasabah 

SURYA.co.id|JAKARTA -  Meski hadapi pandemi, bisnis syariah milik PT Pegadaian (Persero) terus tumbuh. Sampai Juni 2021, bisnis Pegadaian syariah naik 7,4 persen yoy menjadi Rp 12,2 triliun. Salah satu pendorongnya karena bertambahnya jumlah nasabah baru Pegadaian.

Direktur Produk Pegadaian Harianto Widodo memperkirakan pertumbuhan bisnis syariah berasal dari daerah - daerah yang menerapkan prinsip syariah seperti Aceh dan Madura. "Karena daerah itu, semua cabang Pegadaian sudah dikonversikan ke syariah," kata Harianto, Jumat (13/08/2021).

Menurut Harianto, dua daerah itu berkontribusi besar terhadap bisnis syariah Pegadaian. Alhasil, kedua wilayah itu mencatatkan pertumbuhan positif bagi bisnis syariah milik Pegadaian. Di sisi lain, kebanyakan bisnis syariah Pegadaian disumbang oleh produk gadai. Namun ia tidak mengungkapkan berapa besar kontribusi produk gadai tersebut.

Sepanjang 2021, perusahaan menargetkan bisnis gadai syariah bisa tumbuh sekitar 10 persen. Namun untuk mencapai target itu tidak mudah karena masih banyak tantangan yang dihadapi saat pandemi. "Memang saat ini bisnis Pegadaian masih terdampak. Jadi belum sepenuhnya pulih," ungkap Harianto.

Dengan kondisi tersebut, target perusahaan bisa dapat terpengaruh. Namun, hingga saat ini pihaknya akan memaksimalkan kinerja serta menerapkan beberapa strategi yang telah ditetapkan. Seperti tetap mendorong beberapa relaksasi kredit, kemudian fitur-fitur produk juga sudah ditingkatkan. Pihaknya juga gencar untuk menyediakan pembiayaan melalui kerja sama dengan instansi-instansi terkait. "Misalnya pembelian kendaraan bermotor secara berkelompok sehingga kami sasar apakah itu kepada pegawai-pegawai di perusahaan atau komunitas itu yang sesuai dengan kapasitas pembayarannya," jelasnya.

Melalui strategi tersebut, Pegadaian bisa melakukan pendekatan ke kelompok - kelompok komunitas. Dengan begitu, risiko kredit perusahaan juga tetap terjaga. 

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul "Bisnis Gadai Syariah di Pegadaian Semakin Melaju” Klik untuk baca: https://keuangan.kontan.co.id/news/bisnis-gadai-syariah-di-pegadaian-semakin-melaju

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved