Berita Surabaya

Gelar Salat Jumat Pertama di Tengah Penerapan PPKM, Masjid Al Akbar Surabaya Batasi Jemaah 10%

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya untuk pertama kalinya melaksanakan salat Jumat berjemaah untuk umum di tengah penerapan PPKM, Jumat (13/8/2021).

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Suasana pelaksanaan ibadah salat Jumat berjemaah untuk umum di Masjid Al AKbar Surabaya dengan pembatasan kapasitas jemaah maksimal 10 persen, Jumat (13/8/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Masjid Nasional Al Akbar Surabaya untuk pertama kalinya melaksanakan salat Jumat berjemaah untuk umum di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Jumat (13/8/2021).

Nantinya, petugas menerapkan pembatasan maksimal 10% dari kapasitas masjid ketika digelar salat berjemaah lainnya.

Diketahui bersama, penerapan PPKM Level 4 di Surabaya diperpanjang hingga 16 Agustus 2021.

Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya, Prof Dr KH Ridwan Nasir MA mengatakan, keputusan itu diambil berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021, Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3 dan 2. Serta, Surat Edaran Menteri Agama Nomor 23 Tahun 2021.

"Selain itu, juga hasil rapat Imam Besar dan Pengurus Badan Pengelola Masjid pada hari Kamis (12/8/2021). Jika ketentuan Mendagri dan Menteri Agama jumlah jemaah paling banyak 25%, maka Masjid Al Akbar malah di bawahnya, yakni hanya 10%," jelasnya.

Kiai Ridwan menambahkan, bacaan imam adalah surat surat pendek dan durasi khotib Jumat juga dibatasi maksimal 10 menit. Pihaknya juga menyiapkan alat teleprompter untuk panduan khotib agar durasinya tepat waktu.

Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor menegaskan, para jemaah tetap mematuhi aturan protokol kesehatan (Prokes) yang lebih ketat. Ini demi memutus mata rantai penularan Covid- 19.

"Di antaranya memakai masker, sudah berwudhu dari rumah, membawa masuk alas kaki ke dalam masjid," terangnya.

"Tak lupa memasuki bilik disinfektan, mengecek suhu tubuh, menjaga jarak saf sholat, tidak bersalaman dan tidak berkerumun usai salat," tuntasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved