Breaking News:

Penanganan Covid

Bupati Mojokerto Minta Satgas Covid-19 Lakukan Tracing Secara Masif di Masyarakat

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menekankan Tim Satgas Covid-19 melakukan Tracing masif guna mempercepat temuan kasus baru terkonfirmasi positif

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Fatkhul Alami
Surabaya.Tribunnews.com/Mohammad Romadoni
Bupati Mojokerto Minta Satgas Covid-19 Lakukan Tracing Secara Masif di Masyarakat 

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menekankan Tim Satgas Covid-19 melakukan Tracing secara masif guna mempercepat temuan kasus baru terkonfirmasi positif terutama Orang Tanpa Gejala (OTG).

Adapun daerah di Kabupaten Mojokerto dengan pantauan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 yakni di Kecamatan Pungging 97 kasus, Kecamatan Sooko dan Kecamatan Jetis masing-masing 84 kasus, Kecamatan Ngoro 78 kasus dan dan paling rendah di Kecamatan Gondang 18 kasus.

Ini disampaikan Ikfina saat meninjau langsung kegiatan Tracing bersama Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Kabid P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Langit Kresna Janitra di kawasan Dusun Kejambon, Desa/Kecamatan Gondang. Hasilnya, ada 11 orang yang tercatat kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

"Hari ini lengkap Tracing-nya dengan semua tim, kami bersinergi dari babinsa, Babinkamtibmas, Bidan desa dan perangkat desa dari yang dites ternyata pernah mengalami positif dan sudah sembuh, kita juga dapati satu orang yang aktif dan ini kita tindaklanjuti dengan isolasi serta Treatment di puskesmas,” ungkapnya, Minggu (8/8/2021).

Menurut dia, Tracing merupakan fokus utama tim Satgas Covid-19 termasuk vaksinas sebagai upaya penanganan Pandemi. Bupati Ikfina juga mengimbau masyarakat untuk mendukung sekaligus berpartisipasi terkait vaksinasi guna membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity).

“Herd Immunity tidak bisa langsung tercapai karena Virus Covid-19 ini bermutasi dan vaksinasi di Kabupaten Mojokerto belum sampai 25 persen maka yang diandalkan saat ini adalah Tracing," ucap Ikfina.

Dia menyebut Pemerintah Daerah telah berupaya menekan kasus baru Covid-19 terutama tanpa gejala (OTG) dengan melakukan Tracing secara masif tersebut. Ia mengimbau masyarakat yang terpapar Covid-19 gejala ringan maupun tanpa gejala dengan kesadaran diri melakukan Isolasi Mandiri (Isoman) dan berani jujur melaporkan ke Puskesmas setempat. Sebab, ini sangat diperlukan agar Tim Satgas Covid-19 dapat segera melakukan Tracing di daerah tersebut.

"Setidaknya apabila seseorang menolak Isolasi mereka sudah tahu kalau dirinya positif sehingga bisa membatasi diri, meski satu daerah rendah angka kasus Covid-nya, Tracing harus dipastikan berjalan baik,” jelas Ikfina.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved