Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Kadiskominfo Jatim: Peretasan Website Infocovid.jatimprov.go.id Langsung Tertangani

Aksi peretasan terhadap website infocovid.jatimprov.go.id langsung tertangani oleh tim Diskominfo Jatim.

Editor: Cak Sur
Istimewa
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadiskominfo Jatim), Benny Sampirwanto mengatakan, aksi peretasan terhadap website infocovid.jatimprov.go.id langsung tertangani begitu tim Diskominfo Jatim mengetahuinya.

Ada sistem backup yang dimiliki pihaknya, sehingga penanganan tidak terlalu lama. Peretasan yang dilakukan terhadap website ini berlangsung sekitar 1,5 jam.

"Serangannya jenis deface atau hanya mengubah layar aplikasi saja, tidak sampai merusak sistem dan server," ujar Benny, Kamis (5/8/2021).

Dijelaskannya, ketika pihaknya mengetahui peretasan pada pukul 15.15 sore, langsung diambil tindakan take down, kemudian di-recovery untuk dicari sebabnya dan pada pukul 16.22 website sudah bisa diakses seperti sedia kala.

Kadiskominfo Jatim ini menjelaskan, aksi cepat tanggap harus dilakukan oleh tim Diskominfo Jatim, karena dalam website infocovid.jatimprov.go.id memuat data-data penting untuk publik. Sehingga bila diretas, maka yang mengalami kerugian adalah masyarakat.

"Apalagi yang mengakses website ini bukan hanya masyarakat, tetapi juga kalangan media massa," ungkap Benny.

Karena web diperuntukkan publik, maka jika ada kejadian serupa, Benny meminta dukungan masyarakat untuk langsung kontak Dinas Kominfo Jawa Timur melalui call center 1500 117 atau official media sosial instagram @jatimpemprov, twitter @jatimpemptov, @kominfojatim atau di facebook Pemprov Jawa Timur. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved