Breaking News:

Berita Kampus Surabaya

Mahasiswa Unair Buat Energi Alternatif dari Minyak Jelantah, Libatkan Catering di Sidoarjo

Lima mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) mencetuskan ide berupa produk Waco-gel, sebuah bahan bakar dari minyak jelantah.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Parmin
Foto: dok unair
Lima Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) diantaranya Muhammad Anang Jazuli, Firman Hidayat, Ningsih Putri Herman, Muhammad Fajar Faliasthiunus Pradipta,dan Haflan Alfiri Widrayat pencetus ide berupa produk Waco-gel sebuah bahan bakar dari minyak jelantah sebagai energi alternatif  ramah lingkungan, Kamis (5/8/2021).  

SURYA.co.id | SURABAYA - Kebutuhan energi khususnya minyak bumi semakin meningkat dan ketergantungan terhadap energi fosil juga harus mulai dikurangi. 

Merespons hal tersebut, lima mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) mencetuskan ide berupa produk Waco-gel, sebuah bahan bakar dari minyak jelantah yang dipadatkan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan.

Lima mahasiswa tersebut Muhammad Anang Jazuli, Firman Hidayat, Ningsih Putri Herman, Muhammad Fajar Faliasthiunus Pradipta. 

Keempatnya dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sedangkan Haflan Alfiri Widrayat dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). 

Proses pembuatannya Waco-gel menggunakan teknologi dan peralatan sederhana. 

Dimana limbah dari bahan bakar nabati (minyak jelantah) yang awalnya mudah menguap itu dipadatkan dalam bentuk biogel.

Ketua Tim, Anang menjelaskan terkait alasan memilih minyak jelantah.

Menurutnya, minyak jelantah memiliki asam lemak yang tinggi karena melalui proses reaksi esterifikasi dan transesterifikasi.

Lebih lanjut, Anang juga menyebutkan beberapa kelebihan produk Waco-gel. 

Di antaranya terbarukan, tidak menghasilkan asap selama pembakaran, tidak menimbulkan gejala, tidak menghasilkan gas berbahaya, non karsinogenik, dan non korosif.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved