Breaking News:

Kapan STB Gratis Warga Miskin Dibagikan? ini Rencana Kominfo Jelang Penghentian Siaran TV Analog

Perangkat Set Top Box (STB) gratis memang tengah dinantikan oleh masyarakat jelang penghentian siaran TV analog. Ini rencana Kominfo.

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah
Kompastv/Ant
ilustrasi STB. Kapan STB Gratis Warga Miskin Dibagikan 

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Perangkat Set Top Box (STB) gratis memang tengah dinantikan oleh masyarakat jelang penghentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini masih mempersiapkan koordinasi dan mekanisme distribusi STB gratis untuk masyarakat miskin.

"Persiapan, mekanisme dan koordinasi distribusi set top box dengan pihak terkait masih terus dimatangkan," kata Direktur Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kominfo, Marvels Situmorang, Selasa (4/8/2021), melansir dari ANTARA.

Menurut Marvels, rencana distribusi set top box ini mungkin akan terpengaruh dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM tingkat 4, yang diperpanjang hingga 9 Agustus nanti.

STB merupakan perangkat yang dipasang di televisi analog agar bisa menangkap siaran televisi digital.

Perangkat ini bisa dipasang jika masyarakat belum memiliki televisi yang bisa menangkap siaran digital.

Baca juga: Tanggal TV Analog Dimatikan di Jatim: Dibagi 4 Tahap, Simak Jadwal Pembagian Subsidi STB Gratis

Menurut kementerian, terdapat tiga cara distribusi set top box yaitu disalurkan di lokasi tertentu sesuai kesepakatan (misalnya di Kantor Pos), diantar langsung ke rumah penerima bantuan dan oleh penyelenggara multipleksing di luar cara-cara tersebut.Set top box subsidi akan diberikan kepada rumah tangga miskin yang memiliki televisi.

Subsidi tersebut akan diberikan kepada rumah tangga miskin yang tercantum, termasuk, namun, tidak terbatas pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

Perangkat set top box subsidi berasal dari komitmen penyelenggara multipleksing siaran televisi teresterial digital, sesuai dengan wilayah siaran, dan pemerintah jika jumlah set top box tersebut tidak mencukupi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved