Breaking News:

Selain BLT BPJS Ketenagakerjaan, Pemerintah Juga Bebaskan Pajak Sewa Toko di Pasar dan Mal 3 Bulan

Selain memberikan bantuan subsidi gaji atau BLT BPJS Ketenagakerjaan, pemerintah juga akan memberikan bantuan kepada pemilik toko di pasar dan mal.

surya/sugiharto
Suasana pengunjung Tunjungan Plasa nampak lengang, Kamis (1/7/2021). Selain BLT BPJS Ketenagakerjaan, Pemerintah Juga Bebaskan Pajak Sewa Toko di Pasar dan Mal. 

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Selain memberikan bantuan subsidi gaji atau BLT BPJS Ketenagakerjaan, pemerintah juga akan memberikan bantuan kepada pemilik toko di pasar dan mal.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati rencananya akan membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) sewa toko bagi para pedagang eceran.

Pembebasan pajak ini bakal berlangsung 3 bulan, dari bulan Agustus-Oktober 2021.

Ketentuan itu tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 102 Tahun 2021 tentang PPN atas Penyerahan Jasa Sewa Ruangan atau Bangunan kepada Pedagang Eceran yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Mengutip aturan tersebut, insentif ini diberikan untuk menjaga pedagang eceran dari dampak pandemi Covid-19 dan mewujudkan dukungan pemerintah dalam bentuk pembebasan PPN.

Baca juga: Cara Mudah Cek Calon Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Hp, Rencananya Cair Minggu ini

"Untuk menjaga keberlangsungan usaha sektor perdagangan eceran di masa pandemi Covid-19 guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, perlu diberikan dukungan pemerintah terhadap sektor perdagangan eceran," tulis aturan tersebut.

Melansir dari Kompas.com dalam artikel 'Kabar Gembira, Sri Mulyani Bebaskan Pajak Sewa Toko di Pasar dan Mal hingga Oktober 2021'

Adapun pedagang eceran yang dimaksud adalah pengusaha yang seluruh atau sebagian kegiatan usahanya melalukan penyerahan barang/jasa kepada konsumen akhir.

Sementara itu, ruangan atau bangunan yang dibebaskan PPN adalah ruangan berupa toko atau gerai yang berdiri sendiri atau yang berada di pusat perbelanjaan atau mal, kompleks pertokoan, fasilitas apartemen, hotel, rumah sakit, fasilitas pendidikan, fasilitas transportasi publik, fasilitas perkantoran, dan pasar rakyat.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved