Breaking News:

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 166-167: Nama Bandara dan Pelabuhan di Indonesia

Berikut kunci jawaban Tema 1 untuk kelas 5 SD halaman 166 dan 167, subtema 3 pembelajaran 4 tentang Lingkungan dan Manfaatnya.

Penulis: Akira Tandika Paramitaningtyas | Editor: Iksan Fauzi
Tribun Pontianak/Endro
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 166-167: Nama Bandara dan Pelabuhan di Indonesia 

SURYA.CO.ID - Berikut kunci jawaban Tema 1 untuk kelas 5 SD halaman 166 dan 167, subtema 3 pembelajaran 4 tentang Lingkungan dan Manfaatnya.

Pada halaman 166 dan 167, siswa diminta untuk mengetahui nama bandar udara atau bandara dan pelabuhan yang digunakan untuk transportasi di Indonesia.

Kunci jawaban ini dapat digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Kelas Halaman 42-44: Gagasan Pokok Menghadapi Musim Hujan

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 SD Kelas 5 Halaman 26 - 30 Tentang Perilaku Tidak Sesuai Dengan Pancasila

Dikutip dari TribunSumsel.com dalam artikel berjudul Ini Daftar Nama Bandara dan Lapangan Udara Serta Pelabuhan di Tiap-tiap Provinsi di Indonesia, berikut kunci jawaban Tema1 kelas 5 SD selengkapnya.

Ayo Mengamati (Halaman 164)

Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Tranportasi Masyarakat

Wilayah Indonesia yang luas, berupa kepulauan, dan disatukan oleh laut sangat mempengaruhi kondisi transportasi yang ada.

Jalur strategis yang bisa digunakan untuk menghubungkan antara pulau satu dengan pulau yang lain adalah jalur laut dan jalur udara. Adapun jenis atau moda transportasi yang efektif digunakan adalah kapal laut dan pesawat terbang. Adapun jalur darat ada moda transportasi kereta api, bus, dan mobil yang digunakan untuk menghubungkan daerah satu dengan daerah lain dalam satu pulau.

Penggunaan pesawat sebagai moda transportasi penghubung antarpulau harus didukung dengan sarana pendukung. Sarana pendukung untuk pesawat adalah tersedianya bandar udara atau bandara serta lapangan udara. Untuk pulau-pulau besar dan kota-kota besar dibangunlah bandara yang mampu menampung pesawat-pesawat besar. Sedangkan di pulau-pulau kecil dibangunlah lapangan udara yang hanya mampu menampung pesawat-pesawat kecil atau pesawat-pesawat perintis.

Begitu pula dengan penggunaan kapal sebagai moda transportasi penghubung antarpulau, harus didukung dengan ketersediaan pelabuhan yang memadai. Ketersediaan pelabuhan yang memadai dan jumlah kapal yang banyak bisa meningkatkan mobilitas masyarakat antarpulau. Karena penggunaan moda transportasi kapal dirasa masih lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan pesawat, sehingga masyarakat lebih banyak memilih untuk menggunakan kapal untuk bepergian antarpulau.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved