Breaking News:

Seminggu 12.444 Pasien Covid-19 Meninggal, Penanganan Pandemi di Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Seminggu terakhir, jumlah pasien Covid-19 di Indonesia yang meninggal dunia mencapai 12.444 atau lebih besar dua kali lipat dibanding di Brasil.

Editor: Iksan Fauzi
SURYA.co.id/Iksan Fauzi
Pemakaman salah satu jenazah pasien Covid-19 di Kota Surabaya. 

SURYA.co.id - Seminggu terakhir, jumlah pasien Covid-19 di Indonesia yang meninggal dunia mencapai 12.444 atau lebih besar dua kali lipat dibandingkan kematian di Brasil.

Tingginya kasus kematian pasien Covid-19 tersebut, dunia pun menyorot penanganan pandemi yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut laporan media asing, Bloomberg, pada 27 Juli lalu menyebut Indonesia jadi negara terburuk di dunia menangani pandemi karena tingginya angka kematian.

Dalam beberapa minggu terakhir, lebih dari 1.300 orang meninggal setiap harinya. Bahkan, rekor kasus kematian di Indonesia dan tertinggi di dunia terjadi pada 27 Juli 2021 lalu dengan 2.069 kasus.

Menurut data dari Johns Hopkins Univercity, angka kematian Covid-19 per kapita di Indonesia lebih tinggi dari Brasil. Padahal, Brasil sempat mengalami lonjakan kasus kematian yang serupa pada April 2021 lalu.

Dalam satu minggu terakhir, Brazil mencatat kasus kematian sebanyak 6.910 jiwa. Sementara, di Indonesia angka kasus kematian mencapai hampir dua kali lipat dari Brazil, yakni 12.444 jiwa.

Satgas Covid-19: Covid-19 merengut populasi rentan

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander K Ginting ikut menanggapi terkait lonjakan kematian Covid-19 di Indonesia yang jadi sorotan dunia.

Menurut Alexander, meski angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia tinggi, dunia juga perlu menyoroti recovery rate di Indonesia yang cukup tinggi.

Mengenai tingginya angka kematian, Alexander menyebut satu di antara faktornya adalah karena Covid-19 merenggut populasi rentan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved