Breaking News:

Berita Lamongan

Kemenristek dan Pemkab Lamongan Gandeng Unisla Garap Destinasi Taman Wisata Airlangga Candi Pataan

Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Lamongan, Taman Wisata Airlangga sebentar lagi diwujudkan. Tempat wisata itu ada sekitaran Candi Pataan

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Hanif Mashuri
Penandatanganan prasasti Taman Airlangga Pataan dilakukan bersamaan dengan Opening Ceremony Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Prasasti Taman Airlangga Pataan di pelataran Kampus Unisla, Senin (2/8/2021). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Lamongan, Taman Wisata Airlangga sebentar lagi diwujudkan.

Tempat wisata itu ada sekitaran Candi Pataan, di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng.

Rencana besar ini hasil kerja sama Badan Riset dan Inovasi Nasional Kemenristek dengan Universitas Islam Lamongan (UNISLA) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan.

Penandatanganan prasasti Taman Airlangga Pataan dilakukan bersamaan dengan Opening Ceremony Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Prasasti Taman Airlangga Pataan, Senin (2/8/2021).

Pihak UNISLA, akan terus mendampingi kemauan masyarakat desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam memanfaatkan potensi desa yang sudah ada dan pernah digali tersebut.

"Kami koordinasikan dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), untuk kemudian kami bantu dalam membuatkan desainnya. Dan nantinya hal tersebut akan dikelola oleh pihak desa melalui BUMDesa," kata Rektor Unisla Lamongan, Bambang Eko Muljono saat diwawancarai, Senin (3/7/2021).

Diungkapkan, proses pembangunan Taman wisata Airlangga tersebut bukan untuk mengubah wujud asli dari situs Candi Pataan, namun membangun Destinasi Wisata Alam yang berada di lokasi sekitar situs candi.

"Candinya tidak dirubah, tapi di luar Candi untuk mendukung wisatawan yang ingin menikmati kehebatan Candi Pataan sekaligus untuk menikmati pemandangan alam yang eksotis," ungkapnya.

Di Desa Pataan ada banyak potensi yang ditemukan, utamanya berkaitan dengan sumber daya alam. Potensi-potensi itu sudah didiskusikan lebih lanjut dengan pemdes dan aparat untuk diproduksi bersama melalui BUMdesa.

"Salah satunya, Secang yang sudah banyak dimanfaatkan oleh orang luar Lamongan," katanya.

Untuk mematangkan pengerjaan nanti, pihaknya beberapa kali meninjau ke lokasi. Pemandangan alamnya bagus dan mendukung dan menjadi modal yang luar biasa dalam membangun destinasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved