Breaking News:

Beirta Tuban

Ke Depan Tidak Ada Lagi Buku Nikah di Tuban; Cukup Buka HP Bisa Melihat Kartu Nikah Digital

"Cukup datang ke KUA tempat menikah, nanti akan dipandu bagaimana mendapatkan KNG," ujarnya saat di KUA Tuban.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Deddy Humana
surya/mochamad sudarsono
Sepasang pengantin menunjukkan Kartu Nikah Digital yang bisa dilihat dengan membuka handphone di KUA Tuban, Senin (2/8/2021). 

SURYA.CO.ID,TUBAN - Di era modern seperti sekarang, semua kebutuhan diupayakan serba digital. Bahkan ke depannya, pasangan pengantin yang baru meresmikan pernikahannya di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat tidak lagi mendapat buku nikah.

Karena Kantor Kementerian Agama kabupaten Tuban telah mencoba penerapan Kartu Nikah Digital (KNG) untuk pasangan yang baru menikah.

Semua pengantin baru yang menikah tahun ini dan pengantin lama, bisa mendapat KNG dengan mendatangi kantor KUA tempat menikah.

"Sekarang tidak perlu ribet membawa buku nikah saat bepergian atau menginap di luar rumah, karena ada kartu Nikah digital," kata Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid saat soft launching KNG, Senin (2/8/2021).

Dijelaskan Sahid, bagi pasangan suami-istri yang sudah lama menikah dan menghendaki KNG, caranya mudah.

Pasangan itu cukup mengajukan permohonan yang disampaikan kepada Kepala KUA setempat dengan melampirkan, foto copy buku nikah, foto copy KTP dan KK serta pas photo 4x6 background biru.

"Cukup datang ke KUA tempat menikah, nanti akan dipandu bagaimana mendapatkan KNG," ujarnya saat di KUA Tuban.

Sementara Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari menyatakan, KNG ini sebagai tindak lanjut Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor:758 tahun 2021 tentang Revitalisasi KUA Kecamatan.

Adapun manfaat dari KNG di antaranya, data dari pasangan suami-istri dapat diakses secara cepat, jika sedang bepergian tidak ribet membawa buku nikah. Cukup membuka handphone (HP) maka sudah bisa menunjukkan KNG tersebut.

Juga membantu kemudahan mengecek keabsahan pasangan suami-istri, kapan menikah dan di mana. Selain itu dapat menghindari pemalsuan dokumen pernikahan.

"KNG adalah salah satu bagian terpenting dari revitalisasi KUA dalam memberikan kemudahan dan layanan yang berkualitas kepada masyarakat. Sudah bisa diakses di semua KUA di Tuban," pungkasnya. ***

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved