Breaking News:

Penanganan Covid

Hampir Separuh Warga Gresik Sudah Terima Vaksin Covid -19, tapi Warga Wajib Disiplin Prokes

Hampir separuh jumlah warga Gresik telah menerima dosis vaksin Covid-19. Vaksinasi terus dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19

Penulis: Willy Abraham | Editor: Fatkhul Alami
Humas Polres Gresik
Warga Gresik saat menerima dosis vaksin yang digelar oleh Polres setempat 

Penulis: Khairul Amin | Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | GRESIK – Hampir separuh jumlah warga Gresik telah menerima dosis vaksin Covid-19. Langkah vaksinasi terus dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Total dari jumlah penduduk Kabupaten Gresik menurut data Badan Pusat Statistik 2020 ada 1,3 juta jiwa. Artinya, sekitar 500 ribu jiwa sudah menerima dosis vaksin.

“Sekitar 40 persen sudah menerima dosis vaksin (Covid-19),” ucap Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, Minggu (1/8/2021).

Terbaru, para warga penyandang disabilitas akan menerima vaksin dalam waktu dekat. Vaksin jenis Sinopharm akan diberikan kepada para difabel. Pelaksanaannya, masih menunggu kedatangan dosis vaksin tersebut.

“Tinggal nunggu dropping, nanti dikirim bu Gubernur dan akan langsung kita laksanakan,” terangnya.

Gus Yani sapaan akrabnya mengaku, dirinya bersama Forkopimda Gresik siap dalam percepatan vaksinasi ketika dropping dosis vaksin tiba.

Pasalnya, selain tenaga kesehatan vaksinator diperkuat dengan adanya relawan tenaga kesehatan yang disiapkan menjadi vaksinator.

Pihaknya memanfaatkan empat tempat wisata desa sebagai lokasi vaksinasi kepada warga. Tersebar dari utara dan selatan, yaitu Pantai Dalegan di Kecamatan Panceng, wisata Setigi, wisata Wagos yang berada di Kecamatan Ujungpangkah.

Kemudian di wilayah Menganti, Edu Wisata Lontar Sewu ditunjuk sebagai pelaksanaan vaksinai. Selain itu masih ada pusat vaksinasi di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), kemudian puskesmas hingga balai desa melaksanakan vaksinasi di Gresik.

Diketahui serbuan vaksinasi Gresik semakin gencar untuk mencapai herd immunity atau kekebalan tubuh.

Para perusahaan di Gresik telah melakukan vaksin gotong royong. Mereka merogoh kocek sendiri demi membeli vaksin langsung dari PT Biofarma.

Selain itu vaksinasi di wilayah kepulauan mendapat bantuan serbuan vaksinasi massal oleh Komando Armada atau Koarmada II TNI AL. Sebanyak 10.500 dosis vaksin Sinovac diberikan kepada warga pulau Bawean.

Fandi Akhmad mengaku, vaksinasi tersus digencarkan dengan menyasar masyarakat Gresik.

Selain vaksinasi, olarng nomor satu di pemkab Gersik juga mengingatkan masyarakat selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Mulai wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kermunan dan mengurangi mobilitas.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved