Breaking News:

Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade, Ginting Sang Penerus ke 8, Ini 7 Single RI yang Tembus Semifinal, Alan Satu-satunya Juara

Tim Bulutangkis mengawali kiprahnya pada Olimpiade Barcelona 1992. Kala itu Single Putra Indonesia meloloskan tiga pemain tunggal putra ke semifinal.

Penulis: Suyanto | Editor: Suyanto
Badminton Indonesia
Anthony Ginting, menjadi pemain generasi ke-8 single putra Indonesia ke-8 yang tampil semifinal sepanjang sejarah Olimpiade. 

SURYA.co.id I TOKYO - Tim Bulutangkis mengawali kiprahnya pada Olimpiade Barcelona 1992. Kala itu Single Putra Indonesia mendominasi partai puncak, dengan meloloskan tiga pemain tunggal putra ke babak semifinal.

Terdiri Alan Budi Kusuma, Ardy Wiranata, dan Hermawan Susanto. Dari tiga pemain top itu, Alan dan Ardy yang sukses melanjutkan langkah ke babak final, All Indonesia Final.

Alan Budi Kusuma  berhasil meraih medali emas dan mengawinkannya dengan emas tunggal putri Indonesia, Susi Susanti.

Namun setelah itu, prestasi pemain tunggal putra Indonesia di Olimpiade terus menurun, bahkan tidak mampu meloloskan wakilnya ke semifinal.

Wakil terakhir Indonesia masuk semifinal adalah Olimpiade Athena 2004, yaitu Sony Dwi Kuncoro dan Taufik Hidayat. Setalah itu tidak pernah ada lagi.

Baru di Olimpiade Tokyo 2020 sekarang ini, Anthony Sinisuka Ginting sukses mengakhiri 'kutukan' 17 tahun dan menjadi generasi ke delapan Indonesia di semifinal tunggal putra Olimpiade.

(Lihat perjalanan bulutangkis Indonesia dalam sejarah olimpiade dan daftar pemain tunggal putra yang pernah tembus semifinal, di akhir artikel ini)

Jalan juang Anthony Sinisuka Ginting

Anthony Sinisuka Ginting menembus final setelah berjuang memenangi duel knock out melawan wakil Denmark Anders Antonsen di babak perempat final tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Anthony bertarung sengit dalam tempo 79 menit. Usai memenangi gim kesatu, Anthony gagal mengamankan gim kedua. Alhasil, laga melawan Antonsen harus diselesaikan melalui rubber game.

Baca juga: Olimpiade, Terimakasih Ginting, Akhiri Kutukan 17 Tahun, Ini 2 Sosok Terakhir di Semifinal Olimpiade

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved