Breaking News:

Lifestyle

3 Alat Kesehatan ini Jadi Pertolongan Pertama bagi Pasien Covid-19 saat Isolasi Mandiri di Rumah

Pada masa pandemi tak ada salahnya untuk memiliki beberapa alat kesehatan yang dapat membantu pertolongan pertama, terutama bagi pasien COVID-19.

Penulis: Akira Tandika | Editor: Parmin
surya/kompas.com
Ilustrasi tensimeter. Alat kesehatan ini dianjurkan ada pada pasien isolasi mandiri di rumah, terutama pasien covid-19 dengan komorbid. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Pada masa pandemi tak ada salahnya untuk memiliki beberapa alat kesehatan yang dapat membantu pertolongan pertama, terutama bagi pasien COVID-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Menurut Spesialis Penyakit Dalam RS Manyar Medical Centre dr Irene Saveria Sp PD, sejumlah alat-alat dapat menjadi pertolongan pertama untuk pasien yang sedang isoman di rumah, yakni oxymeter, termometer, dan tensi meter.

1. Oxymeter

Alat ini berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen pasien. Cukup diselipkan di jari, oxymeter akan bekerja menghitung jumlah saturasi yang dimiliki pasien.

"Apabila menunjukkan angka di bawah 95 persen, maka pasien bisa mencoba teknik proning untuk meningkatkannya kembali.

Namun, apabila sudah menunjukkan angka di bawah 85 persen, pasien harus dipasangkan tabung oksigen atau segera menghubungi pihak rumah sakit," terang Irene.

2. Termometer

Termometer berfungsi untuk mengukur suhu pasien. Karena demam menjadi satu gejala tersendiri bagi pasien COVID-19, maka alat ini juga diperlukan.

Apabila suhu badan menunjukkan angka yang tidak wajar diserta gejala lainnya, maka segera menghubungi pihak rumah sakit atau mengonsumsi obat penurun demam.

3. Tensi meter

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved