Breaking News:

Berita Sidoarjo

Bhabinkamtibmas di Kabupaten Sidoarjo Dilatih Silacak, Aplikasi untuk Tracing Pasien Covid-19

Perangkat IT yang berfungsi untuk tracing atau pelacakan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi dan kontak erat Covid-19.

Penulis: M Taufik | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/m taufik
Kapolresta Sidoarjo saat membekali ratusan Bhabinkamtibmas dalam pelatihan aplikasi Silacak 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Ratusan personil polisi mendapat pelatihan tentang aplikasi Silacak.

Perangkat IT yang berfungsi untuk tracing atau pelacakan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi dan kontak erat Covid-19.

Terhitung ada sekira 347 anggita Bhabinkamtibmas ikut dalam pelatihan yang digelar Polresta Sidoarjo bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Rabu (28/7/2021).

Dalam pelatihan yang digelar di Polresta Sidoarjo itu, para peserta mendapatkan pengarahan dari Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro.

Khususnya mengenai upaya tracing atau pelacakan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi dan kontak erat Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

“Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kita harus gencarkan 3T (Testing, Tracing, Treatment). Dalam penggunaan aplikasi Silacak ini, tim tracer yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Dinkes harus terus bersinergi,” kata Kusumo.

Baca juga: Pendaftaran Ditutup, 7 Formasi CPNS dan PPPK Pemkab Ponorogo Ini Nihil Pendaftar

Jika ada warga di wilayahnya yang dinyatakan terkonfirmasi positif dan kontak erat Covid-19, segera diambil tindakan.

Secepatnya melakukan tes hingga perawatan bila ada terkonfirmasi lagi.

“Dalam proses pelacakan orang yang bersentuhan dengan yang positif Covid-19 hingga didapati hasil di mana keberadaannya, setelah ditemukan baru dimasukkan ke aplikasi Silacak,” tambah Kapolres.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Qudrotin menyampaikan, melalui aplikasi Silacak sebenarnya tidak terlalu banyak data yang dibutuhkan, tetapi manfaatnya luar biasa karena ini akan menjadi analisa Dinkes kedepannya. Khususnya dalam upaya penanganan Covid-19.

“Aplikasi ini juga memudahkan antar instansi terkait dalam melaporkan, memonitor dan penanganan perkembangan kasus Covid-19 di setiap wilayah. Sebab itu tim tracer harus kami bekali pemahaman materi seputar Silacak,” lanjutnya.

BACA BERITA SIDOARJO LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved