Breaking News:

Berita Tuban

Belasan Warga Datangi Dinsos Tuban, Pertanyakan Tak Terima BPNT Selama Tujuh Bulan

7 bulan tak terima bantuan pangan non tunai (BPNT), belasan warga mendatangi kantor Dinsos P3A Kabupaten Tuban.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Sudarsono
Warga Desa Ngrayung, Kecamatan Plumpang, saat mendatangi kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban, Rabu (28/7/2021). 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Belasan warga Desa Ngrayung, Kecamatan Plumpang, mendatangi kantor Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban, Rabu (28/7/2021).

Kedatangan warga tersebut untuk menanyakan perihal bantuan pangan non tunai (BPNT), yang tidak diterima selama tujuh bulan.

Sedangkan untuk pencairan bantuan program keluarga harapan (PKH) tetap diterima setiap tiga bulan sekali, tidak ada kendala.

"Ini kami menanyakan kenapa tidak dapat BPNT sejak tujuh bulan mulai Maret-September depan," kata Pasri, keluarga penerima manfaat (KPM) saat di kantor Dinsos.

Sambil menunjukkan berkas administrasi, ia menjelaskan selama ini selalu dapat BPNT, terakhir Febuari.

Namun, menginjak Maret ia mulai tidak dapat hingga kini.

"Kami datang ke Dinsos untuk minta kejelasan, katanya ada kesalahan data," ujarnya.

Sementara itu KPM lain, Supiah menyatakan, warga datang ke kantor dinsos karena saat menanyakan di desa tidak mendapat tanggapan.

Pernah tanya di desa, katanya kalau tidak dapat ya sudah. Sementara saat di Dinsos, ia disuruh kembali ke desa dan menanyakan ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Padahal selama ini juga tidak tahu yang mana TKSK, karena tidak pernah ketemu di lapangan.

"Ya kami tanyakan ke Dinsos, disuruh kembali ke desa dan tanya TKSK. Sudah 7 bulan tidak dapat BPNT, katanya ada salah nama," ungkapnya.

Petugas pelayanan di Dinsos, Faisal Rahman menerangkan, terkait aduan dari masyarakat saat ini sedang dilakukan perbaikan data.

Seperti perbedaan nama antara KK dengan KTP, termasuk dengan nama di Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Kami hanya melakukan perbaikan data, untuk selanjutnya ada di Kemensos. Kalau PKH cair, hanya BPNT yang tidak cair," ucapnya saat menjelaskan ke warga.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved