Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Menegaskan, Data Covid-19 Jawa Timur Lengkap dan Transparan

Data kasus Covid-19 Jawa Timur, terutama yang meninggal dunia, belakangan banyak dibicarakan dan menjadi perbincangan nasional.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Data kasus covid-19 Jawa Timur, terutama yang meninggal dunia, belakangan banyak dibicarakan dan menjadi perbincangan nasional. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa pihaknya selalu transparan dalam menyampaikan data terkait covid-19.

Melalui unggahan di akun pribadi Instragram Khofifah yaitu @khofifah.ip, Selasa (27/7/2021), ia menegaskan bahwa data covid-19 Jawa Timur selalu di-update secara realtime dan transparan di sistem digital yang bahkan bisa diakses masyarakat secara luas. Ia juga menegaskan, bahwa Jatim selalu mengedepankan keterbukaan data.

“Pemprov Jatim menjunjung tinggi transparansi data covid-19 yang notabene menjadi parameter penanggulangan dan kebijakan,” kata Gubernur Khofifah.

Ia juga menegaskan, bahwa pada laman yang bisa diakses di website infocovid19.jatimprov.go.id, ada lebih dari 80 variabel dari 38 kabupaten/kota yang dibuka secara publik dan dapat diakses oleh siapa saja. Mulai dari update kasus, kontak erat, testing, bahkan jumlah pasien yang dirawat dan juga jumlah masyarakat yang isoman (Isolasi mandiri).

Selain itu, data terkait rumah sakit rujukan, pemeriksaan PCR dan juga sistem panduan untuk pelayanan covid-19 juga disediakan dalam laman informasi terkait covid-19 tersebut.

Sistem tersebut, menurut Khofifah, berbasis bottom up yang didasarkan dari laporan dari setiap kabupaten/kota di Jatim. Bahkan, selama ini banyak organisasi-organisasi relawan yang membantu mengawal data tersebut.

Gubernur Khofifah mengklaim bahwa, sistem keterbukaan data covid-19 Jatim menjadi sistem yang terlengkap di Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk menyajikan data yang reliable, realtime serta interoperable, mengenai kondisi pandemi covid-19 di Jatim sesuai dengan laporan 38 kabupaten/kota setiap harinya. Data tersebut bisa diakses siapapun melalui kanal infocovid19.jatimprov.go.id,” tegasnya.

Berdasarkan data harian terakhir, per Senin (26/7/2021) malam, tambahan kasus harian terkonfirmasi covid-19 di Jatim mencapai 3.157 kasus. Kemudian kemarin ada kasus meninggal dunia karena covid-19 sebanyak 386 orang dan kasus sembuh sebanyak 4.425 orang dalam sehari.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved